Negeri China dipercayai sebagai tempat kelahiran tanaman teh, bahkan kata teh berasal dari bahasa China, Amoy yaitu kata “Te”. Teh dipercaya memiliki segudang manfaat dan kebaikan di dalamnya bagi yang meminumnya, seperti memperkuat gigi, memperkuat daya tahan tubuh, mencegah tekanan darah tinggi, menangkal kolesterol dan mencegah pertumbuhan kanker. Namun dibalik segala khasiat yang dikandungnya, ternyata teh juga memiliki sejarah, mitos penemuan, dan perkembangan yang sangat unik.

Kebanyakan orang minum teh saat berkumpul dengan keluarga, seperti halnya Ratna Somantri seorang pelaku usaha di bidang kuliner minuman teh.

Wanita yang memiliki darah campuran China dan Sunda ini sudah terbiasa sejak kecil disediakan minum teh oleh orang tuanya,”Sejak kecil di keluarga selalu disediakan teh, kebetulan mamah saya suka sekali dengan teh dari pagi sampai malam itu selalu minum teh,” ungkap Ratna.

Mengawali karirnya di dunia usaha kuliner minuman teh, Ratna awalnya belajar tentang Pastry di Sydney, Australia, namun seiring dengan berjalannya waktu, dia mulai jatuh cinta dengan teh “Jatuh cinta dengan teh karena saya melihat teh itu sangat banyak sekali variasinya, Indonesia sebagai penghasil teh dan kita sangat dekat dengan teh tetapi orang di sini masih menganggap teh itu sesuatu yang biasa saja,” katanya.

Ia menambahkan,”Jadi awalnya dari situ, kemudian saya sempat buat di galeri kafe teh, ada di tiga mall di Jakarta tapi cuma satu setengah tahun saya keluar, saya tidak lagi punya chef di sana, tapi saya rutin untuk menyebarkan teh dan terus belajar,” ungkap Ratna yang pada tahun 2006 mendirikan komunitas pecinta teh.

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini: