Mendirikan IDE (Indonesian Diaspora Eksport) di Eropa. Nina Hanafi seorang diaspora Indonesia lulusan sekolah bisnis di Prancis ini mengungkapkan bagaimana ide awalnya membuka usaha jasa ekspor produk ke Eropa.

“Inspirasinya dari situasi beberapa tahun ini yang saya lihat banyak keinginan dari Indonesia untuk ekspor dan menurut saya itu harus dibantu, dibimbing oleh orang setempat, Kita harus tahu lingkungan, kita harus tahu regulasi kita juga harus tahu dari segi budaya, bagaimana berkomunikasi kalau kita ingin ekspor bisnis kita di negara yang lain, kita harus pasti adaptasi dengan orang setempat, komunikasinya pun harus beradaptasi,” ungkap Nina yang juga memiliki usaha keluarga bidang kuliner di Jakarta dan Bali.

Ia menambahkan, “IDE artinya Indonesia Diaspora Export untuk consulting grup yang terdiri dari export diaspora yang keinginannya adalah membantu perusahaan Indonesia untuk masuk pasar Eropa dan juga membantu perusahaan setempat untuk bisa berbisnis di Indonesia,” imbuh Nina.

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini :