eb5

KabariNews – Ada satu cara untuk mendapatkan Green Card melalui investasi yaitu EB-5. EB-5 ini merupakan suatu cara dimana seorang yang ingin menanam modal di Amerika dalam suatu bisnis bisa berusaha mendapatkan green card. Proses ini sangat luas dan cukup rumit. Proses ini kemungkinan bisa gagal lebih dari 50 persen jika tidak dijalankan dengan baik, tetapi jika berhasil mendapatkan green card ini Anda sebagai investor berikut dengan istri dan anak dibawah umur 21 dapat mendapatkan green card.

Peraturan ini dikeluarkan oleh Kongres di AS karena dua alasan, yang pertama untuk memperbaiki ekonomi di Amerika dan kedua, supaya lebih banyak orang yang bekerja di Amerika. Tapi Kongres sepertinya tidak mau kelihatan seperti mereka ingin menjual green card, jadi Anda harus berusaha untuk mendapatkannya, makanya banyak sekali peraturan untuk proses EB5.

Ada dua cara untuk mendapatkan green card melalui EB5 yaitu regional center dan penanaman modal secara aktif. Regional Center, yaitu satu cara dimana contohnya ada suatu perusahaan semisal shopping center, rumah sakit tetapi tidak punya modal yang mencukupi. Apa yang harus dilakukannya? adalah meminta izin dari imigrasi untuk menjadi regional center. Contohnya proyek memerlukan modal 20 Juta US dollar, tetapi perusahaan itu hanya memiliki 10 juta. Apa yang harus dilakukan? Setelah mendapatkan izin dari imigrasi, perusahan ini dapat menjual saham untuk ke-20 investor dengan masing-masingnya menanamkan modal sebesar 500 ribu dollar. Jadi perusahaan ini mendapatkan modalnya, pemerintah AS bisa melihat ekonomi yang lebih baik dan secara Anda sebagai investor bisa mendapatkan green card

Namun regional center mempunyai resikonya, bagi Anda sebagai investor tidak bisa mengontrol atau memajemen perusahaan ini, dan juga tidak bisa memlih siapa manajernya, dan ada kemungkinannya juga tidak bisa mendapatkan profit sharing dari proyek ini, dan jika proyek ini gagal uang bisa hilang semuanya.

Hanya saja ada kelebihannya juga di regional center, Anda tidak perlu menjalankan perusahaan ini, Anda bisa tetap tinggal di Indonesia menanamkan modal 500 ribu di proyek ini dan jika sukses mendapatkan green card, berikut dengan keluarga Anda. Tapi regional center bukan untuk orang yang memikirkan dapat mendapatkan profit yang besar dari proyek ini, Anda harus berpikir kalau bisa dapat green card syukur lah jika tidak harus rela melepaskan modalnya

SeUrban Communities With EB-5dangkan yang kedua penamaman modal aktif, Anda harus menanam modal dan aktif me-manage perusahaan ini. Ada tiga faktor dalam penanaman modal, pertama harus punya bisnis yang aktif, setelahnya juga menggunakan pegawai di Amerika serikat. Kalau istilah penanaman modalnya itu biasanya imigrasi menginginkan sejumlah 1 juta dollar, tetapi kalau Anda ingin menanamkan modal di beberapa tempat di Amerika bisa dikurangi 500 ribu.

Bagaimana mendapatkannya? Di bagian Amerika yang ekonominya kurang begitu bagus, kongres memberikan insentif kepada investor untuk memperbaiki perekonomian di daerah itu, tetapi penanaman modalnya dikurangi sampai 500 ribu US Dollar. Sebagai catatan, uang yang ditanam harus uang Anda sendiri, jadi Anda tidak bisa memberikan kepada anak Anda alih-alih anak Anda yang menginvest di Amerika.

Satu lagi mengenai modal. Modal bisa dalam beberapa bentuk, bisa dicampur dengan pinjaman uang dari bank, inventory, atau equipment. Contohnya jika Anda punya uang 200 ribu dollar dan punya inventory seharga 300 ribu dollar sudah bisa qualified masuk program ini. Anda harus menjalankan perusahaan ini sehari-hari dan harus lebih sering di Amerika dibanding di luar negeri dan menggunakan pegawai di Amerika paling sedikit 10 orang tidak boleh anak-anak dan istri Anda.

Tidak bagus di penanaman modal aktif ini, Anda harus lebih sering ke Amerika dan ini bukan untuk Anda yang pikirannya masih menjalankan bisnis di Indonesia, tetapi mengharapkan mendapatkan green card dengan menanam modal bisnis di Amerika. Anda harus lebih aktif di sini, dan bagusnya Anda sendiri yang menjalankan bisnis ini, dan mempunyai kontrol 100 persen apakah bisnis ini akan sukses atau tidak. Jika Anda masih bingung bisnis apa yang ingin dibuka di Amerika mungkin bisa bisnis franchise sebagai salah satu alternatifnya.

Proses EB-5 ini butuh berapa lama? Kira-kira sembilan bulan untuk mendapatkan green card setelah memdapatkan green card, green card hanya berlaku 2 tahun. Setelah itu jika ingin memperpanjang buktikan ke imigrasi bahwa bisnis Anda masih aktif dan sudah menggunakan pekerja dari Amerika paling sedikit 10 orang. Setelah itu bisa mendapatkan green card selama 10 tahun.

Namun sebelum masuk kedalam proses Eb-5, Anda harus memperhatikan suasana bisnis dan peraturan imigrasi. Ada baiknya harus konsultasi dengan pengacara untuk membantu Anda dan menggunakan waktu untuk bertemu dengan konsultan dan membayar sedikit biaya untuk konsultasi. Tidak ada salahnya menggunakan waktu dan biaya supaya Anda dapat mengetahui semua resiko-resikonya, barulah dari sana Anda terjun dalam proses mendapatkan green card melalui dua cara di atas.

(Dikaji oleh Pengacara Jason Y. Lie, Los Angeles, California).