Ibu memiliki peran penting dalam sebuah keluarga untuk menjaga keseimbangan melalui pengasuhan dan pendidikan kepada anak serta sebagai sumber inspirasi dalam membentuk karakter bangsa. Peran itu diwujudkan oleh seorang Ibu melalui kasih sayang, cinta dan perhatian untuk keluarga.

Ibu juga memberikan keteladanan dan dorongan kepada generasi penerus untuk mewujudkan cita-cita melalui perjuangan dan doa kepada Putera Puteri untuk tetap memiliki semangat dalam mengisi pembangunan.

Peran Ibu tidak hanya terbatas dalam lingkup keluarga, namun memberikan kontribusi yang besar terhadap bangsa dan negara pada saat masa perjuangan melawan penjajah, dan saat ini Ibu memiliki peran penting dalam pembangunan melalui dedikasi kepada bangsa dan negara.

Dalam rangka memperingati hari Ibu yang jatuh setiap tanggal 22 Desember, Titiek Puspa, sebagai wanita inspirasional dan artis legendaris tanah air menyampaikan arti seorang ibu tetap penting dan harus selalu hadir dalam setiap momentum keluarga.

Peran ibu baik sebagai ibu rumah tangga maupun sebagai wanita berkarir membantu nafkah keluarga tetap memiliki ruang untuk mengasuh dan merawat anak dalam meraih cita-cita. Dengan demikian ibu bisa menjadi wanita yang menginspirasi seluruh keluarga dan bahkan seluruh bangsa melalui karya nyata dalam berbagai bidang.

“Untuk ibu-ibu semua terutama di Indonesia, selamat hari ibu, cium cinta dan doa saya untuk ibu-ibu semua, sabar, sadar, yuk, semua sadar agar putera puteri bangsa kita ini semua dalam tangan ibu semua dalam keadaan damai penuh cinta karena hanya dari ibulah anak-anak kita akan berbuat yang semestinya, mudah-mudahan ibu-ibu masih tetep mohon dipeluk sama Tuhan,” tuturnya saat ditemui Kabari di sela acara peringatan hari Ibu di kawasan Jakarta Pusat.

“Bila Tuhan memeluk kita, kita akan selalu mendengar isyaratnya, bisa membaca isyaratnya kita harus bagaimana-bagaimana, Tuhan akan menunjukkan apakah itu, dan kalau kita sadar bahwa Tuhan ada, itu kita akan takut berbuat jahat. Yang namanya iri dengki, keji, jahil, yang nyusahin orang banyak, pokoknya kalau kita sadar bahwa Tuhan ada, kita akan dituntun Tuhan dalam jalan yang paling mulia buat hidup kita, “ ungkap Titiek Puspa.