Sejak pandemi melanda tanah air, banyak sektor yang terkena dampak ekonomi termasuk para pelaku UMKM. Namun hal ini tidak membuat mereka berdiam diri. Banyak unit UMKM yang terus melakukan kegiatan berkarya demi bertahan hidup.

Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) sebagai salah satu komunitas para pengusaha wanita terus melakukan pergerakan ekonomi untuk memajukan UMKM di masa pandemi.

Julia Kusumawardhani, salah satu anggota IWAPI sekaligus ketua bidang Koperasi dan UMKM IWAPI  berbagi cerita  mengenai langkah-langkah yang harus di lakukan untuk membantu menyejahterakan para pelaku UMKM.

“Bagaimana caranya untuk memajukan UMKM agar UMKM naik kelas, jadi sudah banyak yang kita lakukan adalah bekerjasama dengan pihak lain apakah dengan bank, atau bagian training  atau komunitas UMKM dan itu kita sinergikan bagaimana mereka untuk menyelenggarakan webinar-webinar baik dari jamu modern sampai pemasarannya, lalu ekspor bagaimana untuk UMKM, kemudian BPOM sendiri itu harus ada sertifikat halal, dokumen tersebut sangat penting sekali bagi pelaku UMKM,“ terangnya.

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini :