Memperingati Hari Ibu di Amerika Serikat, Kampoeng Indonesia mengadakan Bakti Sosial yang ke-3 pada hari Minggu, 10 Mei, untuk secara khusus membantu komunitas Indonesia yang bermukim di Philadelphia Selatan.

Adapun Philadelphia Selatan adalah salah satu daerah dimana konsentrasi warga Indonesianya tercatat sebagai salah satu yang tertinggi di AS. Sampai saat ini, warga Indonesia yang meninggal dunia karena Covid-19 di daerah tersebut tercatat sejumlah delapan orang, dengan beberapa masih dalam perawatan intensif.

Yang unik dari Baksos ini adalah beberapa tenaga sukarela dan donatur yang turut serta adalah mereka yang sebelumnya pernah mendapatkan bantuan. Awalnya dimotori oleh beberapa pemilik bisnis asal Indonesia di Philadelphia dan sekitarnya, antara lain Dian Widjojo (Warung Surabaya / Hardena), Sinta Penyami Storms (Modero), Irza Noer Hajati (Pecel Ndeso), Lilian Christaka (White & Fern Flowers) dan Novi Au (Indonesian Event Planning Collaborative), setelah baksos yang pertama, donasi pun mulai mengalir dari berbagai penjuru termasuk dari Indonesia. Kali ini, tercatat hampir 300 kepala keluarga mendapatkan bantuan. Baksos ini juga didukung oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia di New York, yang membagikan 200 masker secara cuma-cuma.

“Misi kami adalah untuk mengutamakan rasa gotong royong dan sepenanggungan. Kebaikan itu menular. Lihat saja, kami hanya perlu memulai, dan sekarang kita semua mau berbagi,” ujar Irza, pemilik Pecel Ndeso yang juga tidak pernah absen pada acara Indonesian Food Bazaar yang baru -baru diliput oleh New York Times.
Ia berpendapat bahwa banyak yang tergerak untuk menyumbang karena mereka melihat bahwa usaha ini bersifat swadaya, dari kita untuk kita.

“Bahkan pelanggan Warung Surabaya-pun, yang kebanyakan bukan orang Indonesia, turut menyumbang,” lanjut Irza, menurut keterangan tertulis yang diterima Tim Kabari News.

Adapun tim Kampoeng Indonesia di Philadelphia dibentuk pada tahun 2019 dengan misi melestarikan and mempromosikan kebudayaan Indonesia melalui kuliner dan kesenian tradisional. Mereka juga telah berhasil mengadakan acara Indonesian Festival di Cherry Street Pier, Philadelphia, dalam rangka perayaan hari kemerdekaan, yang dihadiri oleh lebih dari 3000 pengunjung.

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini :