Kusbiyantini atau yang populer dengan panggilan Koes adalah perempuan asal Bandung yang kini sukses memiliki bisnis catering di Chicago, Amerika Serikat.

Pandai memasak, kus menurunkan bakat dari sang ibu, kus yang dibesarkan dari keluarga besar dari sepuluh bersaudara ini sejak SMA keseharian koes selalu ada di dapur untuk membantu ibunya memasak.

“Ibu saya pinter memasak di turunkan dari Nenek saya, Bapak saya dari ABRI, jadi saya dibesarkan dari keluarga yang memang suka makan dan suka masak, tugas saya pada saat SMA kebagian masak di rumah, jadi memang sudah senang dari dulunya,” terang Kus.

Perempuan lulusan UPN Veteran Jakarta ini pernah bekerja sebagai marketing dan sebagai quality control, namun setelah menikah dengan warga Amerika dan berpindah ikut suami, Koes mulai memiliki passion untuk membuka usaha sendiri.

“Setelah pindah di Amerika ini ternyata bakat saya di Indonesia lebih bisa saya manfaatkan karena setelah saya menikah lima tahun kemudian saya dikaruniai anak,” terang Kus.

Sejak suaminya meninggal koes banting tulang untuk mencukupi kebutuhan hidup bersama anak-anaknya.

“Lima tahun kemudian suami saya meninggal jadi saya hidup sendiri dan menghidupi dua anak, pada saat itu agak susah mencari baby sister jadi saya di rumah, saya berfikir apa yang bisa saya lakukan, ternyata kepintaran saya memasak itu menjadi salah satu sumber untuk menghidupi anak-anak saya pada tahun 2000,” ungkap Koes yang kini sukses bisnis catering di Chicago, AS.

“Banyak orang-orang Indonesia yang kangen masakan Indonesia tetapi kurang bisa memasak dan mengolahnya, dan kebetulan saya ada dan memulai usaha ini kecil-kecilan jadi sewaktu ditinggal suami saya pikir sudahlah saya langsung saja buka catering kecil-kecilan,” terang Kus.

Selain itu, Kus juga ikut bergabung dengan kegiatan budaya Indonesia di KJRI, kegiatan seperti menari, menyanyi di KJRI adalah bagian dari kegiatan promosi budaya Indonesia di Amerika.

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini: