Leny Rafael merupakan seorang desainer tanah air yang mengawali karirnya dengan rancangan busana kebaya pada tahun 2001.

Ia berkisah, “Pada saat itu saya sekolah fashion di Jakarta dan lulus bersertifikat, saya diterima bekerja di salah satu toko tekstil ternama. Pada saat itu yang membuat saya mengenal dunia fashion lebih luas, karena saya disitu juga sebagai fashion designer juga fashion consultant dari bahan-bahan yang kami jual, saya di dunia fashion sudah kurang lebih hampir 21 tahun,” terang Leny Rafael.

Lebih jauh ia menambahkan, “Saya berkembang mengenal desainer-desainer senior karena mereka berkunjung ke tempat kami, banyak belajar di sana, belajar mengenal bahan-bahan yang memang pada saat itu kan bahan-bahan bukan wastra,” tambahnya.

Selain itu, Leny mulai mengembangkan karirnya dengan membuka dunia bisnis fashion, “Saya memberanikan diri bekerja sambil berwirausaha, maksudnya ingin langsung terjun apa yang kita karyakan apa yang kita buat. Pada tahun 2004 itu saya memulai dengan konsep membuat kebaya, Karena basic-nya saya seorang designer wedding, tahun 2010 saya memulai bisnis saya di rumah dan itulah kemunculan brand Leny Rafael,” katanya.

Kenapa memilih Kebaya ? menurut Leny, “Kebaya merupakan salah satu identitas Indonesia, pesta, pergi kemanapun adalah kebaya, namun sekarang kebaya sudah modern, maksudnya ada perkembangan-perkembangan setiap tahun pasti itu berbeda-berbeda dan juga semakin banyaknya yang berhijab pun juga berganti lagi fashionnya.”

Keistimewaan dari produk Leny Rafael adalah memiliki identitas juga memiliki loyalitas terhadap pelanggan. Menurutnya pembuatan produknya dikerjakan dengan penuh kreatif dan cinta.

“Dibuat penuh cinta dengan penuh kreatif, kita handmade semuanya dan memang dibuat dengan tim yang kreatif, memang luar biasa kita menciptakan satu produk itu memang benar-benar dari sebuah cinta kita, karya kita untuk menjadi yang terbaik,” ungkap Leny.

Usaha fashion Leny Rafael kini semakin berkembang, terbukti banyak beragam produk yang dibuat dari mulai kebaya, wedding either, high heels, kemudian busana ready to wear, bride untuk pengantin, baju pesta, dan juga ada modest wear hijab, mukena hingga jaket jeans dan denim.

Leny berharap perkembangan bisnis fashionnya tidak hanya di Indonesia namun bisa go internasional.

“Kita harapkan di setiap outlet kita punya impian karena kita ga cuma seorang desainer tapi lebih ke fashion bisnisnya, juga yang harus kita jalankan mempunya goal dari yang ready to wear adalah di semua dept store atau dimana ada produk karya terbaik kita, untuk yang wedding kita bisa lebih luas lagi jangkauannya ga cuman di Indonesia tapi di luar negeri, tak hanya memamerkan karya tapi memang produknya laku terjual, jadi kita menjadi perusahaan yang besar, berkembang dan bertahan. Dan yang paling penting adalah bertahan dengan eksistensi, Leny Rafael itu mungkin bisa regenerasi dari saya dan selanjutnya,” pungkas Leny. 

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini :