Leny Rafael selain dikenal sebagai fashion desainer juga aktif dalam Komunitas Pelangi Wastra Indonesia. Komunitas Pelangi Wastra Indonesia adalah komunitas desainer dan pelaku kreatif yang berkecimpung dalam industri fashion, tas, sepatu. Namun Komunitas ini membuka pintu untuk para desainer-desainer lainnya seperti aksesoris dan lainnya untuk bergabung jika berminat.

Komunitas Pelangi Wastra Indonesia memiliki visi misinya untuk mengenalkan kreativitas fashion berupa wastra yang ada di seluruh Indonesia termasuk tenun dan batik.

Awal mula adanya komunitas ini berawal dari tahun 2018, dimana Leny bertemu dengan salah satu Konjen di Den Haag, Belanda, bernama Renata Siagian yang kebetulan datang ke Indonesia dan membuat acara sosial budaya. Renata mengajak Leny untuk membuat event dengan bekerjasama bersama KJRI Den Haag.

“Kita bentuk ide dan konsep, semuanya dilakukan dalam waktu jarak dua bulan, dari sebelum keberangkatan akhirnya kita membuat suatu event bernama Heritage of Indonesia untuk fashion show di Den Haag,” tutur Leny kepada KABARI.

Leny berangkat dengan delapan desainer, dari mulai desainer tas, sepatu dan sebagiannya adalah desainer fashion ready to wear hingga culture.

Komunitas ini membawa spirit Indonesia melalui wastra Indonesia berupa fashion, dari fashion show, dan lainnya dengan konsep yang stylish, cantik, dan modern.  Dari fashion show di Den Haag, Leny bersama teman-temannya lalu membuat dan mengikuti eksibisi di Saudi Arabia dan New York.

Lebih lanjut melalui Komunitas Pelangi Wastra Indonesia, Leny berharap Wastra Indonesia semakin dikenal di seluruh Indonesia dan dunia. Tidak hanya memperkenalkan dan lebih kepada adanya feedback dari pihak-pihak yang tertarik untuk memperkenalkan wastra Indonesia.

“Berkolaborasi dengan brand ataupun komunitas-komunitas semoga kedepannya banyak kolaborasi-kolaborasi lain dengan asosiasi yang lain. Kita mempunyai target dalam satu tahun itu kita akan memperkenalkan wastra Indonesia ke seluruh dunia minimal satu tahun tiga kali diberangkatkan atau minimal 2 kali,” kata Leny.

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini :