Niko Questera pernah bekerja di Tesla. Sebagian besar penghuni bumi ini pasti tahu apa itu Tesla. Ya! Tesla identik dengan orang paling kaya nomor satu di dunia ini, Elon Musk. Elon merupakan CEO dari Tesla dan Niko sempat bekerja di sana.

Di Tesla, lulusan Universitas Purdue ini terlibat dalam beberapa proyek mobil listrik misalnya Tesla Model S, Tesla Model X, dan Tesla Model 3. Tidak lama Niko bekerja, namun cukuplah baginya menimba ilmu di Tesla dan mendirikan perusahaannya sendiri bernama Quest Motors saat kembali ke Indonesia. Perusahaan Startup yang bermarkas di Bandung ini memproduksi kendaraan listrik berupa skuter listrik berukuran mungil. Skuter listrik itu pun diberi nama Atom Alpha.

Di tahun awal pendiriannya, Quest Motors memproduksi puluhan bahkan ratusan motor listrik. Bersama Quest Motors, Niko meramaikan kancah industri motor listrik yang semakin dinamis perkembangannya di Indonesia. Bagaimana kiprah Niko bersama motor listriknya, simak wawancara KABARI berikut ini.

Pendapat Anda terkait eksistensi motor listrik di Indonesia?

Eksistensi motor listrik di Indonesia yang saya lihat di dua tahun terakhir ini sejak saya memulai Quest Motors memang pemain dan jumlah kebutuhan motor listrik semakin diperlukan apalagi melihat kebutuhan orang untuk menghemat dari sisi pengeluaran bensin yang semakin lama semakin mahal jadi saya percaya eksistensi motor listrik akan selalu semakin besar ke depannya,. teman-teman juga banyak yang percaya bahwa ini akan menjadi masa depan otomotif di Indonesia.

Bagaimana perkembangan motor listrik di Indonesia akankah mampu menyaingi non listrik?

Kendaraan listrik yang ada di pasaran memang belum terlalu menjawab kebutuhan teman-teman atau pengendara motor bensin saat ini di Indonesia. Seperti misalnya jarak itu akan menjadi satu masalah utama atau tantangan utama mungkin memulai usaha motor listrik.

Jadi saya pengalaman dari Amerika atau Tesla berharap motor yang nanti kami keluarkan justru akan bisa memberikan suatu nuansa baru karena akan memiliki beberapa fitur-fitur atau kelebihan yang justru akan menyaingi kendaraan bensin atau bahan bakar jadi saya percaya ke depannya akan kompetitif.

Dukungan pemerintah sepertinya positif terlebih juga Presiden Joko Widodo dalam satu kesempatan juga menggunakan motor listrik dalam acara tertentu.

Betul, jadi dari pemerintah termasuk Pak Presiden pun juga sangat mendorong percepatan sesuai dengan bapak Presiden juga yang ingin melihat percepatan transisi orang Indonesia ke arah transportasi yang lebih bebas emisi atau dalam tanda kutip / listrik untuk konteks ini.

Jadi memang ada dukungan walaupun memang belum terlalu banyak terlihat para pengguna kendaraan yang ingin membeli kendaraan listrik. Kedepannya kita lihat akan semakin terus bertambah kebutuhannya dan juga termasuk support dari pemerintah.

Bisa diceritakan apa yang melatarbelakangi adanya Quest Motors?

Quest motors ini berdiri di tahun 2021 awal atau Januari saat saya bertemu dengan partner saya seorang S3 di ITB dari dunia teknik elektro saya pun dengan background industri tenaga listrik di Amerika, kita mencoba menggabungkan dengan visi termasuk melihat market–market di Indonesia untuk menggunakan produk lokal. 

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini :