Masakan Indonesia adalah salah satu tradisi kuliner yang paling kaya di dunia, dan penuh dengan cita rasa yang kuat. Kekayaan jenis masakannya merupakan cermin keberagaman budaya dan tradisi nusantara yang terdiri dari sekitar 6.000 pulau berpenghuni, dan menempati peran penting dalam budaya nasional Indonesia secara umum.

Hampir seluruh masakan Indonesia kaya dengan bumbu berasal dari rempah-rempah seperti kemiri, cabai, temu kunci, lengkuas, jahe, kencur, kunyit, kelapa dan gula aren, dan masih banyak lagi rempah-rempah lainnya.
Mayasari Efendi, diaspora Indonesia yang tinggal di Pittsburg, Indiana, menceritakan pengalamannya mengenalkan kuliner Indonesia di Indiana.

“Tahun 2006 saya pindah ke Indiana, saya bekerja di perusahaan Prancis Saya bekerja sebagi robotic system operator awalnya, terus saya benerin robot itu, jadi masuknya ke programernya,“ terang Mayasari.
Pada waktu pertama datang ke Indiana di Pittsburg tidak ada restoran Indonesia dan tidak ada yang jual makanan Indonesia.

“Paling deket itu makanan China, Chinese food, akhirnya tahun 2006 saya direkrut untuk kerja dan bertemu dengan suami saya,“ imbuhnya.

Nah, kebetulan Mayasari memiliki hobi memasak, saat mengikuti kegiatan piknik di perusahaannya, dia sering membawa makanan Indonesia dari mulai sate, risol, dan lemper.

Pada tahun 2009 dia mengundurkan diri dari tempatnya bekerja, kemudian meneruskan hobinya memasak untuk dikirim ke teman – teman kantornya saat masih bekerja. Perkembangannya pun cukup lumayan, banyak order sampai akhirnya membuka usaha kuliner.

Seiring berajalannya waktu, usaha kuliner yang Mayasari kelola berkembang hingga memproduksi tempe sendiri yang sekarang dikenal dengan Mayasari Tempeh di Indiana.

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini :