Megan Colen O’Donoghue adalah seorang warga Amerika Serikat yang belajar kebudayaan Indonesia khususnya kesenian musik karawitan atau seni tradisional Jawa.

Megan dikenal sebagai sinden Amerika yang sudah malang melintang kiprahnya menyanyi keroncong atau nyinden, bahkan Megan juga mahir menari dan bermain gamelan.

“Waktu saya kuliah di Seattle, saya ambil jurusan lagu Seriosa dan situ saya ketemu dengan gamelan Jawa, Saya jadi tertarik sekali dengan gamelan,” ungkap Megan saat wawancara dengan Kabari melalui ZOOM.

Setelah lulus kuliah dari Cornish College of the Arts di Seattle tahun 2008, Megan memutuskan untuk mengikuti program Darmasiswa di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Program ini menawarkan beasiswa selama satu tahun kepada warga asing yang ingin mempelajari kebudayaan Indonesia. Pada waktu itu Megan menimba ilmu di Institut Seni Surakarta di Solo dan mengambil jurusan karawitan selama satu tahun.

“Tahun 2008 setelah wisuda baru bisa kesana dan syukur saya dapat beasiswa untuk belajar di Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, pokoknya sangat menyenangkan tinggal di sana saya kos juga dengan salah satu pesinden terkenal,” kata perempuan kelahiran tahun 1984 ini.

Suka dengan kesenian karawitan, baginya sudah menjadi takdir, dan dia juga memuji bahwa kebudayaan khas Jawa itu indah, sangat unik dan menarik. Hal ini lah yang membuat Megan sangat dekat dengan musik tradisional Jawa.

Namun, pada tahun 2016 Megan memilih kembali ke Amerika dengan alasan untuk berkumpul dengan keluarganya dan mengajar les vokal, les privat, les Piano bahkan sebagai komposisi untuk meneruskan bakatnya sebagai seorang seniman.

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini: