Nama saya Shaqib Shaik. Saya tunanetra sejak umur 7 tahun. Kemudian saya sekolah di sekolah khusus untuk orang buta. Di sana saya tahu tentang computer yang dapat berbicara. Teknologi ini membuka kesempatan baru bagi saya. Saya bergabung dengan Microsoft 10 tahun lalu sebagai software engineer. Saya suka membuat hal-hal yang dapat meningkatkan kualitas hidup orang. Salah satu yang ingin kuciptakan sejak di universitas adalah teknologi yang dapat menggambarkan apa yang terjadi di sekitar kita.

Seorang pria meloncat sambil memainkan skateboard.

Saya bergabung dengan orang-orang yang sepemikiran untuk menciptakan app yang bisa menggambarkan siapa dan apa yang sedang terjadi di sekitar Anda. Teknologi ini didasarkan Microsoft Intelligence APIs, yang mempermudah proses pembuatannya. App ini bisa dioperasikan di smartphone dan juga di Pivothead SMART glasses.

Saat Anda sedang dalam kelompok, terkadang Anda mengatakan sesuatu dan tidak ada tanggapan. Lalu Anda berpikir, apakah pendengar saya mendengarkan dengan baik atau justru mereka mengantuk? Tidak bisa dipastikan.

Ada dua wajah. Seorang pria berjenggot berumur 40 tahun yang terlihat kaget. Seorang lagi wanita 20 tahun yang terlihat senang.

App ini bisa menggambarkan kisaran umur dan jenis kelamin orang-orang di sekitar saya dan perasaan mereka. Ini luar biasa.

Salah satu yang paling bermanfaat dari app ini adalah kemampuan untuk membaca tulisan.

Halo, selamat siang. Ini menu Anda.

Oke, terima kasih. Saya dapat memakai app ini untuk memfoto menu dan sebelumnya akan membimbing saya untuk memfoto dengan jelas.

Arahkan kamera ke kanan bawah dan menjauh dari lembar menu.

Lalu app akan dapat membaca tulisannya.

Bacakan jenis-jenis makanannya.

Ada makanan pembuka, salad, Panini, pizza, pasta.

Beberapa tahun yang lalu, ini hanyalah fiksi ilmiah. Tidak disangka ini dapat terwujud. Artificial Intelligence semakin berkembang dengan pesat. Dan ke depannya akan lebih hebat lagi.

Sebagai software engineer, kami selalu mengembangkan apa yang telah dicapai sebelumnya. Dalam hal ini, kami menggabungkan hasil penelitian bertahun-tahun dari Microsoft Research.

Ada seorang anak perempuan melemparkan Frisbee warna orange di taman.

Untuk mencapai mimpi, kita harus membangunnya sedikit demi sedikit. Ini sekedar permulaan.

Merupakan kebanggaan bagi saya untuk satu panggung dengan Shaqib. Dengan semangat dan empatinya, Shaqib akan mengubah dunia. Menurut saya, //build/ adalah tempat untuk bekerja sama dan saling menginspirasi antar developer, saling belajar dan menyempurnakan app mereka. Lebih penting lagi, Shaqib ke sini untuk berbagi ilmu. Dia akan mengajar di beberapa sesi. Seperti inilah konferensi untuk developer seharusnya. Kita harus semangat dan berempati dan mengejar mimpi kita. Karya Shaqib telah menginspirasi saya. Sebagai developer, kita memiliki kesempatan dan tanggung jawab yang besar. Kita bermimpi tentang masa depan, sekaligus membangun masa depan. Saya sudah tidak sabar menyaksikan karya-karya Anda. Terima kasih! Selamat berpartisipasi dalam acara //build/ ini. 

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini: