KabariNews  – Buku adalah jendela dunia. Dengan buku kita bisa memperluas wawasan. Dua diplomat muda dari Konsulat Jenderal RI di New York telah menyelesaikan tugas di kota yang dijuluki Big Apple ini dan akan kembali ke Indonesia. Mereka adalah Elyas Tampubolon dan Dedeh Thowiyah. Keduanya mempunyai impian mulia untuk membantu semakin banyak anak Indonesia agar berminat belajar, membaca, dan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Keduanya merasa prihatin melihat kurangnya antusiasme, kreativitas, dan semangat belajar dari kalangan anak-anak muda Indonesia.

Elyas semakin tergugah untuk membaca dan belajar banyak, saat masih bertugas di New York City. “ Saya juga banyak berinteraksi dengan mahasiswa Amerika saat belajar bersama di kelas independen di New York University School of Professional Studies,” terangnya kepada KabariTV.

Sementara Dedeh merasa sangat beruntung mempunyai banyak teman dari Indonesia yang selalu minta oleh-oleh buku-buku. “Dari pengalaman inilah kami berdua merasa perlu mengembangkan budaya membaca dan belajar bahasa asing buat anak-anak muda Indonesia,” tukas Dedeh.

Keinginan untuk menginspirasi anak bangsa membuat keduanya menggagas program Buku Terbang.  Akhir Maret nanti keduanya akan kembali ke Indonesia. Baik Elyas maupun Dedeh akan membawa beragam buku pelajaran buat anak-anak sekolah dari TK hingga SMA 3. “Jadi targetnya adalah kalangan pra kuliah. Istilah Buku Terbang ini bermakna ganda. Dalam arti buku-buku ini akan dibawa langsung kami naik pesawat ke Indonesia. Dan juga buku-buku ini diharapkan dapat membuat anak-anak muda Indonesia untuk “terbang” lebih tinggi dalam pencapaian cita-cita, pendidikan, wawasan, dan penghidupan yang lebih baik,” tukas Elyas.

bukuHingga saat ini buku yang terkumpul sebanyak 155 buku yang merupakan sumbangan berbagai pihak. “Dana yang sudah terkumpul hingga saat ini mencapai $180, dari target $5,000,” kata Dedeh.

Elyas dan Dedeh berharap semakin banyak kalangan Indonesia, atau orang lokal New York untuk semakin tertarik dan tergugah untuk membantu proyek ini. Bila saja ada 50 orang menyumbang masing-masing $100, target ini dapat tercapai.

Buku yang dibawa Elyas dan Dedeh ini akan ini didistribusikan secara merata ke berbagai pelosok Indonesia. Mulai dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua.

Anda tertarik membantu? Bisa diakses ke https://www.gofundme.com/bukuterbang. (Aryo/foto&video:Aryo)