Produk Indonesia banyak dilirik oleh mancanegara, hal ini menjadi perhatian pemerintah untuk meningkatkan promosi produk Indonesia ke dunia.

Nugroho Ari Bimo seorang staf Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di San Francisco yang bertugas sebagai konsul ekonomi sejak bulan Oktober tahun 2019 memaparkan bagaimana KJRI San Francisco memberikan pelayanan untuk promosi produk Indonesia.

“Saya diutus oleh Kementerian Luar Negeri dan sudah bergabung selama 26 tahun, dan saya sudah bertugas di empat negara, sebelumnya , saya bertugas di tiga negara yaitu, Australia, Hongkong dan Mesir,” tutur Nugroho

Lebih lanjut ia menambahkan, “Saya bertugas di KJRI San Francisco sesuai dari Kementerian Luar Negeri bahwa kami memiliki delapan negara bagian apa yang kami sebut sebagai wilayah kerja KJRI San Francisco, karena seperti diketahui ada KJRI lain seperti di Los Angeles, Chicago, New York, masing-masing memiliki wilayah kerja masing-masing,” imbuhnya.

Untuk di wilayah San Francisco sendiri memiliki delapan wilayah kerja yaitu, California bagian Utara, untuk di bagian Selatan meliputi Los Angeles, Nevada, Alaska kemudian Oregon, Washington, Montana, Idaho dan Wyoming.

“Tugas kami sebagai diplomat berdasarkan hukum internasional dan hukum nasional bahwa tugas seorang diplomat yang ditugaskan di sebuah negara itu ada tiga yaitu reporting, negosiating dan promoting, kemudian belakangan ini ditambah satu lagi yaitu protecting untuk membimbing warga negara, untuk itulah kami berada di KJRI ini,” tutur Nugroho.

Kami membantu tugas – tugas Konsul Jenderal untuk meningkatkan terus hubungan bilateral antara Indonesia dengan delapan wilayah kerja di bidang ekonomi, perdagangan, investasi, pariwisata dan sebagainya. Kami di sini memperjuangkan kepentingan bangsa dan negara Republik Indonesia dalam meningkatkan promosi produk-produk Indonesia.

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini :