Produk UMKM dalam negeri tak dipungkiri semakin kreatif dan inovatif. Ir. Namsyah Ali B termasuk salah satu penggiat UMKM yang dimaksud.

Dengan brandnya yang bernama Neby Bags, dia mengolah bahan-bahan dari kulit binatang jenis reptil menjadi tas cantik, dompet hingga sepatu.

Berdiri sejak sepuluh tahun yang lalu, ia menceritakan pengalamannya merintis usaha ini hingga ekspor ke luar negeri.

Namsyah berkisah, “Saya awalnya terjun di usaha ini karena pameran saya sama kakak sekitar sebelas tahun yang lalu, setelah saya pertama kali pameran terus akhirnya saya memutuskan untuk konsen di reptile bags ini,“ tutur Namsyah.

Produk yang sudah dibuat semuanya berbahan baku dari kulit binatang jenis reptil seperti, ular piton, biawak. Dan Jenis produk yang dihasilkan adalah tas, sepatu, dan sabuk.

Selain itu, keistimewaan dari produk Neby Bags ini menggunakan bahan kulit reptil asli dari dalam negeri, kalau untuk membuat aksesoris menggunakan bahan kulit dari Italia dan Korea.

Pun dengan teknik marketing yang dia gunakan ialah melalui pameran di dalam negeri dan luar negeri, kemudian merambah ke sosial media.

Namun semenjak pandemi, usahanya mengalami penurunan dalam penjualan. Tapi hal ini tak menyurutkan Namsyah untuk tetap terus berinovasi dengan penuh semangat dan sabar.

Ia berharap, UMKM Indonesia harus bisa saling berbagi untuk memajukan sesama pelaku usaha terutama di bisnis tas dan dapat berkolaborasi bersama.

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini :