Tempe merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari daerah Jawa yang terbuat dari fermentasi terhadap biji kedelai, tempe banyak disukai karena tempe kaya akan serat pangan, kalsium, vitamin B dan zat besi, selain itu, tempe juga dikenal oleh dunia salah satunya adalah negara Amerika Serikat.

Amadeus Driando Ahnan pemuda asal Bogor dengan gigih memperkenalkan tempe di Amerika. Sejak tahun 2014 Ando mengikuti gerakan tempe movement dan merupakan salah satu bagian dari penelitian untuk menyelesaikan program studi S3.

Amadeus Driando Ahnan atau yang akrab disapa Ando Ahnan ini terinspirasi membuat tempe karena terobsesi dengan pembentukan tubuh atletis bagi kebanyakan kaum pria.

“Inspirasinya untuk bikin tempe tahun 2014 saya itu sangat terobsesi dengan body building nah, saya carilah sumber-sumber protein mulai dari daging, dari susu formula body building yang mahal , tapi kebanyakan dari situ kalau makan setiap hari eneg dan mahal, harganya ga murah, waktu itu saya mahasiswa new bioteknologi dan saya mencari literatur ilmiah ternyata tempe mengandung protein, nah saya pikir tempe itu kan murah dan hampir ada setiap hari di meja makan saya, jadi saya cobalah pake tempe dan saya cukup puas dengan hasilnya,” ungkap Ando.

Bagi Ando, tempe adalah makanan berkualitas tinggi, hemat, serta ramah lingkungan, Bukan hanya sekedar suka dengan tempe, namun Ando juga bersemangat untuk mempromosikan tempe ke penjuru dunia melalui gerakan Indonesia Tempe Movement.

“Jadi cita-cita saya adalah untuk mengedukasi masyarakat tentang tempe supaya masyarakat punya sumber protein yang ramah lingkungan yang terjangkau dan juga bernutrisi tinggi,” katanya.

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini: