New York Indonesia Fashion Week telah digelar bulan lalu. Fashion show yang digelar di tempat bergengsi kota New York tepatnya di 48th Wall Street Event, pada 11 Februari lalu mendulang sukses.
Desainer Indonesia yang berjumlah tujuh orang menampilkan karya fashion terbaiknya. Diantara yang disuguhkan, ada satu yang mencuri perhatian. Adalah karya Puta Dino Kayangan yang mempertunjukkan deretan koleksi khas nusantara bertema sejarah bertajuk, “Tidore Hidden Treasure.”
Anita Gathmir, Founder Puta Dino Kayangan, mengatakan kepada KABARI, menampilkan kain tenun Tidore di luar negeri merupakan suatu kebanggaan tersendiri selain juga sebagai bentuk pengenalan bahwa Tidore mempunyai kain tenun yang harus dilestarikan dan diapresiasi.

Dalam gelaran diprakarsai oleh diaspora Indonesia, Vanny Tousignant, Anita membawa 10 desain busana yang dibuat menggunakan teknik tenun ikat dengan koleksi Peta Nusantara yang terdiri dari lima baju, kemudian teknik ikat dimana motif-motifnya didapat dari foto – foto tua yang ada di Museum Leiden, Belanda. Kemudian satu baju yang merupakan kain utuh yang dililit ke model. Anita sengaja menampilkan ini karena fokus ingin mengembalikan kain, membuat kain tenun, dan dikombinasikan dengan perhiasan adat dari wilayah Morotai.

Kenapa Morotai? Sebab dalam catatan sejarah Perang Dunia 2, Morotai terkait dengan Amerika Serikat jadi Anita ingin menyandingkan kembali bahwa dahulu Amerika pernah ke Indonesia dan sekarang Anita dengan desainnya datang kesana untuk mengikat kembali tali yang pernah ada dulu. “Jadi kita membawa cerita tentang dulu kita punya perjalananan sejarah yang sama.

Anita membuat busana yang dapat digunakan untuk semua kalangan, baik itu untuk muslim atau non muslim dan bisa digunakan di musim dingin seperti koleksi jumpsuit celana pendek dimana orang –orang Eropa suka dengan desain itu.

“Harapan saya semoga tenun Tidore dapat terus dilestarikan. Saya pergi ke New York ini lebih ke bagaimana membentuk kebanggaan dari para pengrajin tenun dan tahu apa yang mereka buat dapat bermanfaat bagi orang lain,” kata Anita.

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini :