Masakan Indonesia merupakan salah satu tradisi kuliner yang paling kaya di dunia dan penuh cita rasa yang kuat.

Corina, masyarakat Indonesia di Australia berkisah awalnya datang ke Melbourne dan membuka restoran Indonesia yang berlabel GaraMerica.

“Saya datang ke Australia tahun 1995 sebagai mahasiswa. Tidak pernah terpikir untuk membuka restoran Indonesia sama sekali, karena orang tua saya tidak berkenan. Mereka bilang bahwa restoran itu butuh kerja yang sangat keras. Selain itu, latar belakang pendidikan saya bukan di bidang memasak melainkan bidang Teknologi Informasi hingga tingkat S2.” Kenang Corina.

Ia menambahkan, “Keputusan membuka restoran diawali dari hobi. Dari dulu, hobi saya membuat kue, meskipun belum ke arah memasak. Jadi, bermula dari kegemaran membuat kue. Selain itu, sambil kuliah saya juga suka membuat makanan untuk acara-acara di universitas maupun di gereja. Jadi, dari situ saya mulai menekuni lebih dalam soal memasak.“ imbuhnya.

Makan nasi bungkus ala Indonesia mudah didapatkan di Melbourne. Pasalnya wanita asal Tegal Jawa Tengah ini sukses membuka restoran dengan menawarkan menu nasi bungkus ala warteg (Warung Tegal)

Bermula dari kerinduannya dengan makanan Indonesia, Corina mendirikan GaraMerica.

“Pada awalnya saya memasak yang mudah-mudah saja, misalnya makanan yang dulu kami makan waktu kami kecil atau waktu kami di Indonesia. Saat saya masih kuliah, belum banyak restoran Indonesia yang buka di Melbourne, hanya beberapa saja dan rasanya pun bisa dibilang jauh dari rasa yang kita rasakan di Indonesia. Jadi, mulai dari kerinduan untuk makan makanan yang dulu waktu di Indonesia saya makan.” kata Corina.

Paduan nasi dengan aneka lauk seperti rendang, ayam bakar Padang, empal balado, ikan, udang pete balado, ayam goreng, iga rempah, telor disertai sayur seperti oseng labu siam, tempe orek, kentang balado, sambal goreng tahu dan semacamnya yang dibungkus daun pisang memang menggoda.

Menu nasi bungkus ala warteg di Melbourne ini tak hanya diminati oleh masyarakat Indonesia saja, namun masyarakat Australia pun tertarik dan ketagihan dengan cita rasa menu nasi bungkus ala GaraMerica milik Corina.

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini :