Masakan Indonesia diakui cukup populer di kancah dunia, hal ini pun banyak dirasakan para pelaku usaha kuliner Indonesia di luar negeri.

Tak sedikit masyarakat Indonesia yang tinggal di luar negeri mendirikan usaha kuliner Nusantara. Ronald Christian Adelius adalah salah satunya, ia merintis usaha kuliner tanah air di Jerman dengan menjajakan Sayur Lodeh khas dari daerah Jawa Tengah.

Sayur lodeh adalah masakan sayur yang berkuah santan khas Indonesia, terutama di daerah Jawa Tengah. Sayur lodeh mempunyai berbagai macam variasi terutama pada bumbunya. Ada yang santannya berwarna putih dan ada juga yang santannya berwarna kuning kemerahan.

Ia pun berkisah awal mula merintis usaha rumah makan di Jerman, “Inspirasi ketika saya ditawarin bisnis restoran yang kebetulan owner sebelumnya itu teman saya dalam olahraga, jadi saya suka olahraga maraton, teman saya juga ikut maraton, namanya Bapak Suwido dan beliau pensiun, walaupun sebenarnya saya belum pernah berkecimpung di dunia kuliner, tapi setelah pertimbangan satu tahun saya ingin mencoba bisnis kuliner, karena memang sebelum saya terjun ke bidang kuliner pun saya juga punya passion di dunia kuliner, semacam foodie, jadi saya suka testing, saya suka menulis di blogspot, kami punya grup wisata kuliner sampai Pak Suwido itu menawarkan take over bisnisnya, jadi saya mendarat di bisnis kuliner setelah ditawarkan dengan pertimbangan saya sendiri juga punya passion di dunia kuliner,” kenang Ronald.

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini :