Kuliner Indonesia dikenal dunia dengan penuh cita rasa yang kuat, kekayaan jenis masakannya merupakan cermin keberagaman budaya dan tradisi Nusantara. Hampir seluruh masakan Indonesia kaya dengan bumbu berasal dari rempah-rempah seperti kemiri, cabai, temukunci, jahe, kencur hingga kunyit dan masih banyak lagi bumbu rempah lainnya.

Stephanie Dambron adalah warga negara Indonesia yang tinggal di Prancis. ia membuka restoran Indonesia dengan 5 cabang di Prancis.

Stephanie mampu membuktikan keberhasilannya bahwa masakan Indonesia banyak diminati oleh masyarakat mancanegara khususnya di Prancis dimana ia mendirikan usahanya yang diberi nama resto Djawa.

Mendirikan usaha kuliner tanah air di negeri orang, Stephanie berkisah ide awalnya membuka resto masakan Indonesia dengan 5 cabang di Prancis.

“Waktu saya kuliah di Prancis, saya lihat bahwa orang Prancis tidak kenal makanan Indonesia sama sekali, walaupun kalau saya masak, mereka suka sekali. Jadi, lidah Prancis sepertinya benar-benar bisa menyukai makanan dan resep Indonesia. Jadi, saya dapat ide kenapa tidak mendirikan restoran Indonesia yang modern di Prancis,” kenang Stephanie.

Ia menambahkan, “Jadi sudah 8 tahun sekarang, setelah itu saya buka yang kedua, yang ketiga, yang keempat dan yang kelima di Paris juga. Sekarang ada lima restoran, namanya Djawa dan saya ingin buka lebih banyak lagi kalau bisa, sementara sedikit susah dengan adanya pandemi,” imbuhnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa orang Prancis belum banyak mengenal Indonesia, namun orang Prancis hanya mengenal Bali yang merupakan tempat menyenangkan untuk liburan dengan keindahan dan beragam spot wisata di Bali.

“Sedangkan soal Indonesia, orang Prancis tidak mengenal Indonesia, orang Prancis sebenarnya suka masakan Indonesia, tetapi tidak tau dimana membelinya karena hanya ada sedikit restoran Indonesia di Prancis,” jelas Stephanie.

Melihat hal tersebut, Stephanie akhirnya memutuskan untuk membuka resto dengan aneka masakan Nusantara.

“Kemudian saya mendapat ide, mengapa tidak membuka gerai makanan cepat saji khas Indonesia saja, saat baru pertama mulai, semuanya butuh banyak waktu, tetapi memang tekad saya sudah bulat untuk memperkenalkan sajian Indonesia kepada masyarakat Prancis,” ungkapnya.

Stephanie mengungkapkan konsep restoran Djawa dengan tidak menyajikan masakan Indonesia menggunakan format tradisional, namun Stephanie melakukan inovasi dan modernisasi penyajiannya untuk masyarakat Prancis.

“Jadi, konsepnya adalah restoran siap saji tetapi santapannya adalah santapan tradisional keluarga, seperti sate ayam, rendang daging, mie goreng, nasi goreng dan lain-lain,” katanya yang menyajikan 12 menu khas masakan Indonesia dari mulai mie goreng, nasi goreng, soto, gado-gado, sate ayam, hingga rendang dan masih banyak lagi menu lainnya.

Merintis bisnis kuliner masakan khas nusantara adalah hal yang tidak mudah, apalagi di negeri orang. Stephanie berbagi cerita bagaimana mengolah resep bersama timnya.

“Tim kami sangat internasional, dari mana-mana. Yang penting menjaga kualitas masakannya. Jadi, saya yang membuat semua resepnya, bersama dengan mitra saya yang juga keturunan Prancis-Indonesia. Ibu dia dan ibu saya sama-sama dari Manado dan sama-sama jago masak. Jadi kami belajar dari mereka. Kami merancang semua resepnya dan kemudian kami memikirkan bagaimana cara mengolah resepnya, bagaimana memproduksinya dengan skala yang lebih besar dan bagaimana kami akan mengajarkan para pekerja (baik orang Prancis atau pun non Prancis) untuk memasak sajian yang sama tiap hari dengan menjaga kualitasnya. Yang penting bagi kami adalah memakai bumbu-bumbu yang sama, takaran yang sama, resep yang sama. Intinya adalah bagaimana mengolah makanannya,” terang Stephanie yang sekaligus menjadi chef di resto Djawa.

Bagi Stephanie, membuka restoran Indonesia di Prancis tidaklah mudah, karena menurut dia Indonesia belum sangat dikenal oleh orang Prancis. Selain itu, Dia pun mendapat kepuasan batin karena bisa mempromosikan masakan Indonesia di Prancis.

“Setelahnya, ya sangat seru dan memuaskan setiap hari membuat sajian-sajian yang lezat. Rasanya sungguh puas memperkenalkan makanan Indonesia kepada orang-orang asing, karena kita harta karunnya itu tradisi budaya Indonesia serta makanan Indonesia yang sangat kaya,” kata Stephanie.

“Bahkan menurut saya makanan Indonesia adalah salah satu yang terbaik di dunia dan belum banyak orang mengetahuinya. Jadi, setelah Anda berhasil melalui rintangan-rintangannya, Anda akan mendapat kepuasan luar biasa,” pungkasnya.

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini :