Jane Wibowo, masyarakat Indonesia di Negeri Paman Sam yang memiliki pekerjaan sebagai agen Asuransi berbagi cerita pengalamannya awal mula berkutat dengan pekerjaan tersebut.

“Saya datang ke Amerika pada tahun 1992, waktu itu saya lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) kemudian saya meneruskan kuliah di Amerika dan rencana 4 tahun kuliah di sini dan setelah lulus balik ke Indoenesia, tapi ternyata ga jadi dan stay di sini,” ujar Jane.

Ia menambahkan, “Dan pada waktu itu kan saya tidak bekerja, waktu itu saya mulai di sini sebagai internal student, jadi kalau internal student saat itu ga boleh bekerja. Dan begitu lulus kuliah juga sebenernya ga punya pengalaman,” imbuhnya.

Meski demikian, Jane tak menyerah untuk terus mencari pengalaman yang berhubungan dengan pekerjaan, ia pun aktif di kegiatan sosial dengan mengikuti organisasi mahasiswa yakni, Persatuan Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat (PERMIAS).

Sebagai mahasiswa yang aktif berorganisasi, ia pun aktif dengan kegiatan sosial, “Jadi saya udah terbiasa untuk networking, tetapi begitu selesai kuliah pun itu menjadi kendala karena ga gampang ada company yang mau kasih kerjaan tanpa pengalaman kerja, oleh sebab itulah saya pikir apa ya obsesinya yang saya bisa lakukan tanpa harus menunggu sponsor dari company, salah satunya adalah bidang asuransi ini,” kenang Jane yang memulai karirnya di bidang asuransi pada tahun 1997.

Menurutnya, memasuki dunia kerja di bidang asuransi bagi Jane adalah pekerjaan yang paling umum di Amerika, karena tidak terlalu memerlukan banyak modal.

“Pekerjaan ini merupakan pekerjaan bisa jangka panjang, karena asuransi itu sendiri bidang yang stabil, semua orang di Amerika siapa yang ga perlu asuransi,” kata Jane.

“Waktu mulai pun saya agak keliru karena saya mulai dari life insurance dan financial, padahal waktu masuk itu saya baru umur 22 tahun. Jadi orang menilai saya anak kecil mau ngajarin financial planning, jadi agak sulit buat saya. Tapi dengan inovasi, kita mungkin service labih banyak, lama-lama berkembang ke arah asuransi kesehatan kemudian asuransi mobil, rumah dan seterusnya jadi mungkin lebih mudah, orang ngomongin asuransi mobil, asuransi rumah lebih terbuka dibanding kalau ngomongin life insurance atau financial planing,” terang Jane.

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini :