Chicago, Amerika Serikat: Upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia sebagaimana dilakukan warga Indonesia di seluruh dunia, juga dilakukan di kota Chicago, Illinois, AS (17/8).

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, rangkaian kegiatan HUT RI di Midwest AS dilakukan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Chicago secara sederhana, namun tidak mengurangi makna dan semangat dari pelaksanaannya.

Pertama, KJRI Chicago mengundang dua chef terkemuka asal Indonesia untuk memberikan masterclass hidangan Indonesia dengan tajuk “Showcasing Indonesian Culinary: Get Enchanted!”, disusul dengan business luncheon sekaligus promosi kuliner Indonesia dengan para pengusaha AS di Indiana, serta dua seminar ekonomi berbasis daring. Semua dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Tak lupa, perayaan HUT RI ke-75 ini juga dimeriahkan oleh pertandingan olah raga yang diikuti oleh keluarga besar KJRI Chicago.

Khusus untuk upacara bendera, terkait dengan kondisi pandemi Covid-19 yang terus melanda Midwest, juga dilakukan dengan jumlah peserta terbatas. Namun, agar masyarakat Indonesia di AS juga merasakan kebersamaan di bulan yang spesial ini, KJRI Chicago mengundang seluruh masyarakat Indonesia di kawasan Midwest untuk mengikuti rangkaian upacara melalui live streaming.

Melengkapi rangkaian upacara HUT RI tersebut , Konsul Jenderal RI di Chicago, Meri Binsar Simorangkir, beserta beberapa tamu undangan dari unsur tokoh masyarakat Midwest juga berkesempatan mengadakan silaturahmi secara virtual “Sapa Warga” dengan sejumlah elemen masyarakat Indonesia, antara lain yang bermukim di kota Lafayette, Bloomington dan Purdue (Indiana), St. Paul (Minnesota), maupun sejumlah persatuan mahasiswa Indonesia di AS (Permias) dari kota Chicago, Madison, Ann Arbor, Grand Rapids, St. Louis dan Purdue.

“Pandemi Covid-19 yang tengah melanda tidak memungkinkan kita untuk bertemu secara langsung. Namun, hal ini tentunya tidak mengurangi khidmatnya perayaan hari ulang tahun Indonesia tercinta,” ujar Konjen Meri. “Kami berharap seluruh masyarakat Indonesia di kawasan Midwest untuk terus menjaga Kesehatan. Salam Merdeka!”

Tidak lupa disajikan dalam sejumlah acara tersebut adalah berbagai jenis hidangan khas Indonesia yang disiapkan secara gotong royong oleh warga masyarakat Indonesia. (Sumber: KJRI Chicago)

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini :