Bagi pecinta kain tenun, siapa yang tak kenal dengan perancang busana yang satu ini. Ya! Wignyo Rahadi, desainer ini dikenal dengan Tenun Gaya-nya dan sudah banyak melahirkan kreasi tenun dengan teknik Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM).

Kain tenun dan Wignyo ibarat dua mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Mengenal tenun sedari dulu, tepatnya di tahun 1995 saat dirinya bekerja di indusrti benang sutera sebagai Manajer Pemasaran.

Pada saat itu karena Wignyo banyak tugas ke luar kota dan melihat kerajinan-kerajinan, baik anyaman maupun tenun dan batik tentunya, tetapi dari beberapa anyaman yang ditemui, dia lebih tertarik dengan kerajinan tenun.

“Sehingga dengan kecintaan saya atau hobi saya dengan kain tenun itu membuat saya kalau ada waktu saya menyempatkan kunjungan ke beberapa sentra tenun di NTT (Nusa Tenggara Timur) jadi tahun 1995 saya sudah mengenal kain tenun ke beberapa daerah sentra tenun NTT yakni di daerah Sumba, Ende dan Alor,” kata Wignyo.

Setelah memperdalam pengetahuan dan teknik ATBM pada tahun 2000, Wignyo mulai membuka workshop di daerah Sukabumi, Jawa Barat. Seiring berjalannya waktu, Wignyo mengembangkan kain tenun dengan mendirikan Tenun Gaya di Jalan Cipete Raya No. 18 C, Jakarta Selatan.

“Sejak saya serius membangun kain Tenun dengan brand Tenun Gaya tentunya saya tidak berhenti pada saat membuat kain tenun, saya juga belajar bagaimana mewarnai sendiri karena prinsip saya pada saat itu adalah saya harus mempunyai produk tenun yang bisa ke endorser dan bisa saya jual ritel ke pemakai,” terang Wignyo.

Untuk memperdalam ilmu desainernya, Wignyo memutuskan untuk mengikuti kursus merancang busana.

“Saya belajar berpola, saya belajar busana dan pada akhir tahun 2002 saya sudah mulai membuat busana dan sudah mulai diminta untuk tampil fashion show, tentunya kebanggaan buat saya, memang semua ini berangkat dari otodidak dan berangkat hobi dari kain tenun,“ terang Wignyo, Founder & CEO Tenun Gaya.

Produk busana siap pakai yang diproduksi Tenun Gaya sangat beragam antara lain mulai dari blouse, kebaya kontemporer sampai dengan dress untuk wanita, kemeja pria, di samping menyediakan produk berupa kain atau sarung dan selendangnya. Selain itu, Tenun Gaya juga memberikan pelayanan istimewa berupa menerima pesanan khusus.

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini :