Vissel Kobe baru saja menorehkan sejarah baru dalam J1 League sebagai klub sepak bola asal Jepang pertama yang melakukan tur pramusim di Amerika Serikat. Selain kondisi cuaca yang lebih bersahabat di Los Angeles, tur tersebut ditengarai sebagai salah satu strategi pemasaran klub sepak bola asal kota Kobe tersebut.

Legenda sepakbola Jurgen Klinsmann (ki) mengunjungi arena latihan

Dalam kurun 2 tahun terakhir, Vissel juga menggelontorkan dana untuk skuad mereka. Pertama, klub milik salah satu perusahaan e-commerce terbesar di dunia Rakuten ini membeli kontrak Lukas Podolski dari Galatasaray (Turki). Kedua, Vissel memberikan kontrak 3 tahun kepada Andres Iniesta tak lama setelah pesepak bola legendaris itu memutuskan untuk hengkang dari FC Barcelona karena faktor usia. Ketiga, akhir tahun 2018, klub asal Kobe ini merekrut David Villa dari New York City FC. Ketiganya merupakan pemenang Piala Dunia untuk negara asal masing-masing: Podolski (Jerman, 2014), Iniesta (Spanyol, 2010), dan Villa (Spanyol, 2010). Perekrutan ketiganya legenda bola ini menunjukkan ambisi klub tersebut untuk menduduki posisi setinggi mungkin di klasemen J1 League. Sejauh ini, Vissel belum pernah menduduki peringkat yang lebih tinggi dari nomor 7 di liga divisi utama sepak bola Jepang.

Sebagai salah satu proses evaluasi diri, tim Vissel Kobe juga berpartisipasi dalam pertandingan persahabatan dengan beberapa klub bola asal Negeri Paman Sam, seperti Los Angeles Football Club (LAFC), LA Galaxy, Columbus Crew, Toronto FC, dan Orange County Soccer Club. Pertandingan-pertandingan tersebut penuh disesaki penggemar sepak bola yang ingin melihat secara langsung kepiawaian dan aksi ketiga jawara Piala Dunia tersebut.

Lukas Podolski