KabariNews – PBB menyatakan wabah ebola melambat di Afrika Barat. Namun MSF / Dokter Lintas Batas dalam keterangan pers yang diterima kabarinews, Jumat, (16/1) menyebutkan Afrika Barat belum bisa lepas dari keadaan bahaya dan masih banyak hal yang perlu dilakukan dan tidak bisa lengah, mengingat wabah ini sangat sulit diprediksi. Beberapa waktu belakangan, MSF telah melihat jumlah kasus baru menurun, namun segera meningkat lagi.

Masih ada hal-hal yang belum tertangani dalam respons ini. Di Guinea, pasien baru masih didaftar, banyak dari wilayah yang tidak punya infrastruktur atau staf untuk menangani kasus. Respons yang fleksibel dan cepat untuk menangani kasus-kasus baru ini perlu dilakukan sebelum epidemi ini menjadi di luar kendali.

MSF masih menemui pasien-pasien yang tidak ada di dalam contact list, artinya, kami belum tahu dari mana asal kasus-kasus ini. Sekarang adalah waktunya untuk memperkuat pekerjaan para tim surveilans yang amat penting untuk melacak kasus-kasus ini, memonitor kontak mereka dan mencari kasus baru yang mungkin masih tersembunyi.

Di Liberia, sebagian besar daerah kini sudah terkendali, sementara di Monrovia beberapa kasus per minggu terus bermunculan, menunjukkan tingginya kebutuhan untuk surveilans yang ketat.

Di Sierra Leone, ada penurunan jumlah pasien yang signifikan dalam 21 hari terakhir; namun 150 kasus yang sudah dikonfirmasi minggu lalu menunjukkan bahwa wabah belum berakhir. Penanganan kasus, promosi kesehatan, pemakaman aman, pencarian kasus aktif, dan pelacakan kontak harus dilanjutkan dan ditingkatkan.

Sistem kesehatan masyarakat yang lemah di ketiga negara ini semakin terganggu akibat adanya wabah Ebola, banyak rumah sakit yang ditutup dan hanya segelintir tempat untuk orang yang sakit non-Ebola untuk mencari pertolongan. Membuka kembali dan memperkuat sektor kesehatan yang lumpuh akan memakan waktu berbulan-bulan dan perlu dimulai sekarang jika kita ingin menangani tantangan-tantangan pasca-Ebola. Meski hanya ada satu kasus Ebola, wabah masih berlangsung dan situasi darurat belum berakhir. Bersikap lengah saat ini hanya akan melemahkan kemajuan yang sudah dicapai.  (1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/74234

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Asuransi Kesehatan

 

 

 

 

Kabaristore150x100-2