kopi 1

KabariNews – Bukan rahasia lagi, Banda Aceh merupakan salah satu penghasil kopi terbaik di Indonesia. Tak menyia-nyiakan kekayaan alam yang berlimpah Pemerintah Kota Banda Aceh pun menggali peluang untuk menarik wisatawan dengan menggelar acara ‘Wisata Kopi’ pada Festival Kopi. Acara tahunan yang menjadi agenda Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat ini sudah terselenggara sejak 2011 dan selalu mendapat sambutan baik dari para pecinta kopi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banda Aceh Reza Pahlevi menjelaskan, festival kopi dapat menjadi  satu cara untuk mempromosikan potensi wsata daerah. Kegiatan festival ini tidak hanya menampilkan kopi terbaik, tapi akan ada kursus meracik kopi dan uji coba kopi terbaik. Festival Kopi akan digelar pada 22-24 November di Taman Sari Kota Banda Aceh. “Tujuan lain dari festival ini adalah memperkenalkan cita rasa kopi Aceh, tidak hanya kepada para pecinta kopi nusantara tapi juga internasional” ungkap Reza

Di Festival Kopi ini juga akan dipertemukan antar produsen kopi dari berbagai daerah di Aceh. Pertemuan ini diharapkan dapat meningkatkan transaksi  pasar terhadap komoditas perkebunan kopi di Aceh. Aceh terkenal sebagai penghasil kopi jenis arabika yang sudah mendunia. Beberapa wilayah pedalaman seperti Bener Meriah, Aceh Tengah dan Gayo Lues merupakan wilayah penghasil kopi terbaik Indonesia yang terkenal.

Tak hanya kopi saja, pada ‘wisata kopi’ rangkaian kegiatan juga akan diisi dengan berbagai seni budaya setempat, diantaranya penampilan tarian seudati dan atraksi kesenian budaya Aceh lainnya.