“Ini jam tangan saya, saya belum pernah melihatnya sebelumnya.”

“Aku bukan aku selama 62 tahun terakhir, aku benar-benar bisa melihat wajahmu.”

“Ya ampun, tidak ada kekeruhan, tidak ada buram.”

Ya! itu adalah tiga dari tanggapan dari 1.000 orang yang sebelumnya buta atau hampir buta melihat dengan penglihatan yang jelas untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun setelah operasi yang dibayar oleh YouTuber asal Amerika, MrBeast.

Operasi katarak bagi mereka yang buta atau hampir buta tetapi tidak mampu membayar operasi adalah aksi terbaru dari MrBeast.

“Kami menyembuhkan kebutaan seribu orang,” kata MrBeast yang bernama asli Jimmy Donaldson dalam video yang diposting pada hari Sabtu lalu.

Video yang mencapai lebih dari 32 juta penayangan pada Minggu sore menampilkan cuplikan sebelum dan sesudah dari pasien yang melihat dengan penglihatan yang jelas setelah menyelesaikan operasi.

YouTuber ini  juga memberikan sumbangan uang tunai dan hadiah termasuk Tesla baru kepada beberapa peserta.

Jeff Levenson, seorang dokter mata dan ahli bedah, bekerja sama dengan Donaldson untuk melakukan operasi putaran pertama di Jacksonville, Florida.

Levenson telah mengoordinasikan program Gift of Sight selama lebih dari 20 tahun, yang menyediakan operasi katarak gratis untuk pasien yang tidak memiliki asuransi yang buta karena katarak.

“Separuh dari semua kebutaan di dunia adalah orang yang membutuhkan operasi 10 menit,” kata Levenson dalam video tersebut, merujuk pada operasi pengangkatan katarak.

Levenson menjelaskan dia terinspirasi untuk membantu orang mengakses operasi katarak setelah menjalani operasi koreksi kataraknya sendiri.

“Pada hari-hari dan minggu-minggu setelah operasi katarak saya sendiri, saya terpana melihat betapa cerah dan indah serta hidup dunia ini,” katanya.

“Tapi saya terkejut dengan gagasan bahwa ada ratusan juta, mungkin 200 juta orang di seluruh dunia, yang buta atau hampir buta karena katarak dan tidak memiliki akses ke operasi.”

Levenson mendapat telepon dari anggota tim Donaldson pada bulan September. “Saya belum pernah mendengar tentang MrBeast,” katanya.“Jadi saya hampir menutup telepon. Tapi untungnya saya tidak menutup telepon.”

Mereka mulai dengan menelepon tempat penampungan tunawisma dan klinik gratis untuk membuat daftar pasien di daerah Jacksonville yang membutuhkan operasi katarak tetapi tidak mampu.

Akhirnya, mereka memiliki 40 pasien dan Levenson melakukan semua operasi dalam satu hari, mulai pukul 7 pagi dan berakhir pada pukul 6 sore.

Levenson mengatakan pasien tidak percaya bahwa seseorang akan benar-benar mencari mereka untuk menyelamatkan mereka dari kebutaan, dan kemudian memiliki kebaikan dan kemurahan hati untuk menawarkan operasi.

Dokter mata juga menghubungkan tim Donaldson dengan SEE International, di mana dia menjabat sebagai kepala petugas medis.

Nirlaba itu menyediakan perawatan mata gratis di seluruh dunia untuk pasien yang membutuhkan dan membantu Donaldson menjangkau lebih banyak pasien, dengan total 1.000 operasi selesai sekitar tiga minggu.

Video tersebut menunjukkan pasien yang menjalani operasi di Jamaika, Honduras, Namibia, Meksiko, Indonesia, Brasil, Vietnam, dan Kenya.

Levenson mengatakan berharap video dan kemurahan hati Donaldson menginspirasi upaya bersama untuk mengakhiri kebutaan yang tidak perlu.

“Jika MrBeast bisa menyalakan api, dan jika kita bisa mendapatkan dukungan pemerintah dan swasta di belakangnya, kita bisa mengakhiri setengah dari semua kebutaan di dunia,” katanya.

Sumber foto: media.cnn.com

Simak video pilihan Kabari dibawah ini