Konser Akbar Monas akan kembali digelar dan menyapa warga Jakarta dan sekitarnya. Setelah pernah dilaksanakan pada tahun 2019 dan 2022, Konser Akbar Monas kali ini akan dihelat pada Minggu, 15 Oktober di Silang Tenggara Monumen Nasional.

Konser yang rencananya dimulai pada pukul 18.30 WIB ini akan menampilkan beberapa komposisi musik terbaik karya para maestro seperti Ludwig van Beethoven, Pyotr Ilyich Tchaikovsky dan Wolfgang Amadeus Mozart.

Kurang Lebih 100 orang penyanyi dan 60 pemain musik dari berbagai penjuru kota di Indonesia akan berpadu di bawah arahan Dr. Stephen Tong sebagai konduktor.  

“Melalui musik, kami menjawab panggilan sebagai bangsa yang besar dengan budaya berlimpah, bersatu dalam keberagaman, dan mendorong kreativitas serta kemanusiaan,” kata Dr. Tong.

“Musik sering kali dipahami sebagai salah satu bentuk hiburan: membentuk suasana hati atau pengisi waktu luang. Kami percaya musik bukan sekadar sumber pengalih perhatian, melainkan sebuah jendela untuk melihat tatanan ciptaan yang indah, serta sebagai salah satu cara untuk mengasah jiwa mengerti keindahan dan integritas.”

Sementara itu Ketua Konser Akbar Monas 2023, Wijaya Subekti mengungkapkan bahwa setiap lapisan masyarakat nantinya diperbolehkan untuk menikmati perhelatan konser klasik tersebut dengan nyaman dan aman karena pihak penyelenggara telah mempersiapkan mekanisme teknis acara dengan detail.

 “Konser ini tidak kaku seperti gelaran musik klasik pada umumnya. Karena nanti acaranya di ruang terbuka, jadi tentu boleh saja masyarakat mengikuti alunan musik dengan menganggukkan kepala atau bahkan bergoyang menikmati irama polka sepanjang duduk di kursi yang disediakan atau berdiri di lokasi yang telah ditentukan,” jelas Wijaya.

Acara ini pun menjadi istimewa karena sekaligus sebagai momentum memperingati 14 tahun musik klasik di Aula Simfonia Jakarta.

Aula Simfonia Jakarta telah menjadi tuan rumah bagi banyak talenta musik terbaik Indonesia. Seperti Jakarta Simfonia Orchestra dan Jakarta Oratorio Society yang akan tampil pada gelaran tersebut.

Melalui perhelatan “Konser Akbar Monas” tahun ketiga, Aula Simfonia Jakarta berupaya untuk menghadirkan musik tidak hanya sebagai salah satu bentuk hiburan, namun juga sebuah jendela untuk melihat tatanan ciptaan yang indah, serta sebagai salah satu cara untuk mengasah jiwa mengerti keindahan dan integritas.

Sumber foto: Istimewa

Baca juga: