Ingin langsing dan bugar tapi malas ke pusat kebugaran atau tak ada waktu untuk joging, kenapa tidak coba Zumba? Perpaduan antara tari dan senam kebugaran ini sungguh mengasyikkan. Tidak seperti senam biasa dengan musik dan gerakan yang sama, Zumba ini dengan koreografi layaknya penari latin dan iringan musik  latin, salsa, samba, mambo, merengue serta Bollywood. Gerakannya yang cepat dengan unsur gerakan kaki, tangan dan pinggul membuat kita berkeringat  layaknya olahraga.

Umur Zumba masih tergolong muda. Lahir tahun 1990-an di Colombia, kemudian menyebar ke Amerika, Eropa serta Asia. Penyebarannya makin meraja di akhir tahun 2008 setelah sukses membuat penduduk Amerika kecanduan.  Maka Zumba pun melebarkan sayap yaitu mendirikan akademi untuk melahirkan instruktur-instruktur handal yang siap mengajarkan dan mengembangkan ke berbagai negara.

Zumba lahir bukan dari ide atau rencana yang panjang. Lahir dari  ketidaksengajaan. Pada suatu hari, Alberto ‘Beto’ Perez, instruktur aerobik, di Colombia lupa membawa CD musik aerobik saat akan mengajar kelasnya. Akhirnya dengan kreativitas sendiri, Beto menyetel musik-musik latin, salsa dan merengue yang ada dan mengajarkan gerakan baru mengikuti musik itu. Tak disangka murid-muridnya menanggapi dengan gembira. Mereka makin semangat dan merasa lebih mengasyikkan. Sejak itulah lahir Zumba (baca : zoom-ba).

Setelah Beto sukses menggebrak Amerika latin dengan Zumba, dia pun mengincar Amerika. Tapi Beto mesti memikirkan segi bahasa dan strategi bisnisnya. Bukan hal yang mudah dengan bahasa Inggris minim serta tak ada bekal bisnis. Tak disangka salah satu murid mengenalkan dia dengan anak dari temannya yang  berkecimpung dalam dunia bisnis. Maka trio Beto Perez, Perlman dan Aghion mulai merancang strategi dan mengenalkannya ke Amerika di tahun 1999. Dan sukses. Kini program Zumba telah masuk The Aerobics and Fitness Association of America, IDEA Health and Fitness Association dan the American Council of Exercise.

Beto merancang Zumba untuk segala usia, dari mulai anak-anak sampai orangtua. Bahkan juga Zumba di dalam air. Zumba merupakan olahraga yang diiringi musik cepat, menghentak tapi juga pelan. Konsepnya adalah untuk kebugaran dan mengurangi berat badan. Programnya ada enam, tinggal pilih yang cocok untuk kita. Zumba (kombinasi aerobik), Zumba Gold (untuk orang  tua), Zumba Toning (memakai alat bantu Toning stick untuk mengencangkan lengan, perut dan paha), Aqua Zumba (Zumba di dalam air), Zumbatomic (untuk anak-anak umur 4-12 tahun) dan Zumba in the Circuit (olahraga rutin 30 menit selain 60 menit di dalam kelas dan sesuai level seperti senam kebugaran pada umumnya).

Kini sudah berkembang di 125 negara dan menjadi the largest world’s most succesful dance fitness program. Tahun 2008 lalu, Zumba merilis seri DVD, Total Body Transformation System dan laris dipasaran.  Kemudian tahun 2010, merilis Zumba Fitness video game oleh Wii, Xbox dan PS3. Tahun ini video game itu menjadi nomor satu di Inggeris. Selain itu juga sukses merilis Zumbawear yaitu perlengkapan baju dan alat olahraga serta aksesoris untuk Zumba Fitness, termasuk CD musik pengiringnya.

Para artis yang berniat menurunkan berat badan pun ikut kecanduan Zumba, salah satunya Jordin Sparks. “Saya sangat terobsesi dengan Zumba. Dengan Zumba, berat badan turun 30lbs dalam waktu kurang dari 3 bulan,” kata penyanyi yang sampai sekarang tetap tekun ber-Zumba. Begitu pula Armando Christian Perez, rapper yang dikenal dengan nama Pitbull. Album terbarunya, ‘Planet Pitt’ (2011) didedikasikan untuk Zumba Fitness, terutama di lagu, ‘Pause’.

“Lagu-lagu saya dan irama Zumba itu sama. Menghentak dan ceria,” katanya. Tak heran, Beto Perez yang menjadi bintang video musik dan pencipta  koreografinya. Maka lagu ‘Pause’ seperti menjadi lagu wajib di setiap kelas Zumba. Tertarik ingin ikut? Coba cari kelasnya di situs ini www.zumba.com (riana)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?37140

Untuk melihat artikel Amerika / Misc. lainnya,Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :