Batuk memang bukan penyakit yang berbahaya, namun kehadirannya sangatlah mengganggu. Saat diserang batuk, pernapasan menjadi terganggu dan sesak. Pekerjaan penting pun terkadang harus ditunda sampai batuk reda. Kesalnya lagi batuk sering kali muncul saat tak terduga dan memaksa Anda untuk mengkonsumsi obat pereda batuk yang dampak sampingnya mengantuk, sehingga sementara kegiatan harus ditunda.
Jika hal itu terjadi, sebenarnya bisa diatasi dengan menggunakan bahan-bahan alami untuk mengobatinya. Obat alami ini tidak hanya melegakan pernapasan dan mengusir batuk, tapi juga menghangatkan leher dan dada sehingga sesak pada pernapasan pun hilang dan batuk menjadi reda. Cobalah gunakan bahan-bahan alami berikut ini untuk mengusir batuk:

1. Kecap dan jeruk nipis

Peras jeruk nipis, ambil airnya sebanyak hampir 1 sendok makan. Tambahkan kecap manis dan telan sekaligus.

2. Susu hangat dan madu
Hangatkan susu, tambahkan madu ke dalamnya dan minum segera untuk meredakan batuk. Madu akan meredakan batuk yang disebabkan oleh bakteri, sementara susu akan mengurangi reaksi batuk yang dilakukan oleh paru-paru.

3. Minuman jahe hangat

Batuk juga bisa disebabkan udara dingin, sehingga minuman yang menghangatkan seperti wedang jahe akan membantu menenangkan paru-paru untuk tidak melakukan reaksi batuk. Memarkan jahe, masukkan dalam gelas dan tuangi dengan air panas. Tambahkan sedikit gula atau madu jika ingin terasa lebih manis.

4. Madu

Seperti disebutkan di atas, madu memiliki zat anti bakteri yang bisa meredakan batuk. Khasiatnya akan lebih mujarab jika digunakan madu murni,tidak dicampuri dengan pemanis atau gula. Caranya, telan 1 sendok makan madu murni sekaligus.

5. Kencur

Kencur efektif menghilangkan dahak dan serak, serta meredakan batuk, karenanya kencur akrab dengan para penyanyi sejak zaman dahulu kala. Saat ini telah banyak dijual olahan kencur kering, sehingga tinggal dikunyah saja dan dihisap sarinya saat batuk menyerang. (1001)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?48814

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________________

Supported by :

 

 

 

 

 

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.


enam − = 3