Ada kabar baik bagi Anda yang menyukai buah pepaya sekaligus daunnya. Walaupun daun pepaya rasanya pahit, namun sangat berkhasiat bagi tubuh. Begitu juga dengan buah pepaya yang rasanya manis, sangat bermanfaat bagi tubuh.

Daun pepaya berkhasiat sebagai antikanker. Kandungan vitamin C dan A di daun pepaya cukup tinggi. Hal ini bermanfaat untuk mencegah berkembangnya sel-sel kanker. Selain itu, daun pepaya mengandung kalsium yang cukup tinggi sehingga baik untuk pengobatan berbagai penyakit tulang seperti penyakit encaok, arthritis dan rematik.

Untuk pemakaian di dapur, daun pepaya pun biasa digunakan untuk mengempukkan daging. Sebelum diolah, daging kambing dan sapi dibungkus dengan daun pepaya selama beberapa jam. Memang penggunaan daun pepaya untuk mengempukkan daging memerlukan waktu yang lama. Ada cara lain yang lebih cepat yakni dengan menggunakan kulit buah pepaya yang diblender. Setelah kulit buah tersebut halus, barulah dibalurkan ke daging.

Menurut Emma S. Wirakusumah dalam bukunya “Buah dan Sayur untuk Terapi” daun pepaya mengandung enzim bromelin atau enzim pengempuk dan enzim papain. Jika dikonsumsi, enzim papain akan membantu pencernaan dengan cara melunakkan isi saluran cerna. Daun pepaya akan membantu mencegah konstipasi, kanker perut serta ambeien.  Selain itu daun pepaya bermanfaat untuk mencegah anemia, mengobati cacing kremi dan meningkatkan nafsu makan.

Emma menjelaskan bahwa buah pepaya banyak mengandung antioksidan seperti karoten, vitamin C, dan flavanoid sehingga berfungsi sebagai zat antikanker. Selain itu mengandung mineral yakni kalium dan magnesium. Buah pepaya bisa digunakan untuk mengobati luka lambung, diare kronis, dan luka.

Getah pepaya pun kini sudah dikenal memiliki banyak khasiat. Getah pepaya yang berwarna putih seperti susu terdapat di batang dan daun pepaya. Bahkan kini, tepung getah pepaya sudah dijual secara bebas. Getah pepaya berkhasiat untuk antitumor dan antikanker. Untuk bahan baku kosmetik pun, getah pepaya dapat digunakan yakni untuk menghaluskan kulit.

Buah pepaya tidak mengenal musim dan dapat tumbuh dengan mudah. Karena itu, harganya pun murah. Namun, khasiatnya sangat besar bagi tubuh.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?55192

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________________

Supported by :