Mendekorasi pohon Natal bukanlah hal yang mudah, terutama bagi kita yang perfeksionis ( pernak-pernik , ornamen, dan lampu harus dikoordinasikan dengan sempurna dalam skema yang meriah dan bergaya), tetapi jika rumah adalah kebanggaan dan kegembiraan Anda dan pohon adalah pusatnya, tulisan dibawah ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Namun sebelum mulai, Anda harus memiliki alat yang tepat untuk memastikan pemasangan pohon Natal yang aman dan tepat. Termasuk sarung tangan katun untuk membentuk cabang (untuk mencegah goresan), gunting dengan pegangan pengaman untuk bahan, kemasan atau peralatan, dan tangga kokoh atau bangku pijakan untuk memasang topping dan mengatur dekorasi pada pohon yang lebih tinggi.

1. Berinvestasilah pada pohon buatan berkualitas tinggi

Pohon Natal yang dibuat dari bahan premium memberikan dukungan dekorasi yang kokoh dan andal. Anda akan menemukan bahwa pohon berkualitas tinggi umumnya lebih tahan lama dan tahan digunakan berulang kali dari tahun ke tahun, sambil mempertahankan tampilan indahnya.

Pilihlah pohon tradisional daripada pohon yang mengikuti tren sehingga tidak ‘ketinggalan jaman’ setelah beberapa tahun, ditambah desain tradisional memberi Anda dasar yang sempurna untuk melapisi dan menghias sesuai keinginan.

Pohon Natal yang sudah diberi penerangan adalah favorit karena menghemat waktu dalam melepaskan semua lampu tersebut, namun, keuntungan membeli pohon yang tidak menyala adalah Anda dapat memilih jenis lampu apa pun yang Anda inginkan.

Dalam hal ukuran, pohon Natal setinggi 7 kaki sekarang sangat populer tetapi Anda harus selalu memilih pohon yang sesuai dengan ruangan Anda dan tidak membuatnya terasa terlalu sempit. Jika ruang Anda terbatas, ada beberapa pohon Natal ramping yang bagus di pasaran, termasuk desain pensil sempit, yang mungkin lebih cocok. Dan ingat, untuk mencegah kerusakan pada pohon Natal Anda, pertimbangkan model yang menawarkan kemudahan pengaturan dan penyimpanan.

Tip: Saat membeli pohon Natal, pastikan Anda memiliki tempat penyimpanan pohon Natal yang tepat , serta tempat penyimpanan karangan bunga , karangan bunga , dan lampu, sehingga perlengkapan Anda lengkap saat menurunkan dan mengemas pohon Natal.

2. Haluskan dan bentuk cabang

Menghaluskan dahan membantu membuat pohon Natal buatan Anda terlihat lebih penuh dan alami. Ini bisa menjadi tugas yang sangat memakan waktu, tapi percayalah, hasil akhirnya akan lebih dari sepadan. Pisahkan setiap cabang sehingga menyebar untuk menutupi area sebanyak mungkin dan jangan ragu untuk membengkokkan setiap cabang untuk mengisi celah. Pohon yang bentuknya bagus adalah pemandangan yang menarik, betapapun minim atau mewahnya hiasan Anda. Sekali lagi, ingatlah untuk mengenakan sarung tangan dan baju lengan panjang jika memungkinkan untuk menghindari goresan pada tangan dan lengan.

3. Rancang berdasarkan tema

Pohon Natal yang terlihat profesional memiliki tampilan sentral yang menyatukan dekorasinya. Memutuskan tema sebelum memilih dekorasi akan menentukan suasana dan memberi gambaran yang jelas tentang cara mendekorasi pohon Anda.

4. Pilih warna (dan bahan) yang tepat

Setelah Anda memutuskan tema Anda, susun palet warna untuk menghidupkannya. Misalnya, untuk tampilan tradisional namun mewah, pilihlah kombinasi warna merah dan emas, untuk lapisan nuansa Scandi bernuansa putih dan netral lembut, atau pilih biru dan perak untuk estetika sedingin es. Pilihlah dua (pastinya tidak lebih dari tiga) warna untuk menjaga tampilan tetap terkendali dan tidak berantakan. Pikirkan juga tentang bahan dan tekstur: pernak-pernik beludru yang mewah cocok untuk pohon mewah, sedangkan dekorasi kertas dan kayu ideal untuk pohon yang terinspirasi dari Nordik atau minimalis.

Lebih sedikit selalu lebih baik, tetapi ini adalah Natal, jadi yang terpenting, hiasi pohon Anda dengan cara apa pun yang membuat Anda bahagia!

5. Mulailah dengan lampunya terlebih dahulu

Meskipun pohon Natal dengan penerangan awal sangat populer dan akan menghemat waktu (dan uang), Anda memerlukan lampu pohon Natal jika Anda memiliki pohon biasa. Sebagai pedoman umum, pakar pencahayaan di Lights4fun menyarankan 100 bohlam atau 5 meter lampu untuk setiap 2 kaki pohon Natal. Jadi untuk pohon setinggi 6 kaki, Anda memerlukan 300 bohlam atau lampu sepanjang 15 meter

Hal pertama dan terpenting yang perlu Anda lakukan saat mendekorasi pohon Natal adalah selalu menambahkan lampu terlebih dahulu akan lebih sulit melakukan ini setelah Anda menambahkan dekorasi seperti pernak-pernik dan karangan bunga.

Para ahli di Balsam Hill menyarankan untuk menggunakan steker sebagai titik awal, melilitkan lampu di sekitar batang pohon Natal Anda, dan mulai dari tengah pangkal pohon Anda. Lanjutkan melilitkan lampu secara merata di sekitar cabang terdekat dengan batang pohon, lalu menenunnya ke atas dari tengah tajuk.

6. Seimbangkan dekorasinya

Mengingat banyaknya dekorasi pohon Natal yang mungkin Anda miliki, Anda harus memastikan semuanya seimbang dan tersebar sesuai keinginan Anda. Susun hiasan dari bagian atas pohon lalu kerjakan ke arah bawah. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah memeriksa desain Anda saat mendandani pohon Anda.

7. Kelompokkan pernak-pernik Anda

Konsultan desain Balsam Hill, Brad Schmidt, merekomendasikan pengelompokan tiga pernak-pernik dengan ukuran berbeda untuk menambah gaya dan daya tarik visual. Anda dapat menyatukan potongan-potongan yang sama atau memilih yang kontras.

Untuk menciptakan pohon yang seimbang dan menyenangkan secara visual, belilah pernak-pernik dalam jumlah tiga, enam, atau dua belas, dan tambahkan ini terlebih dahulu dalam bentuk ‘Z’. Anda harus menggantung pernak-pernik yang lebih besar lebih dekat ke tengah pohon agar lebih dalam, dan gunakan pernak-pernik kecil di ujung dahan.
Gantungkan pernak-pernik kaca halus di bagian atas pohon untuk mencegah pecah, dan tambahkan pernak-pernik khusus terakhir untuk memastikan posisinya tepat.

Dan berapa banyak pernak-pernik yang Anda perlukan? Balsam Hill merekomendasikan 80 pernak-pernik untuk pohon setinggi 7,5 kaki.

8. Lapisan dan gaya pita

Tip ahli lainnya adalah melapisi pohon Natal Anda dengan pita dekoratif, yang akan meningkatkan estetika pohon. Anda dapat menggunakan satu jenis pita atau memasangkan pita dengan tekstur kontras dan lebar berbeda untuk menciptakan dampak lebih besar.

Brad merekomendasikan penggunaan pita dengan tepi berkabel, karena lebih mudah dibentuk menjadi simpul, gulungan, atau pita, dan bentuknya lebih baik daripada pita tanpa kabel.

9. Gunakan tree picks

tree picks tersedia dalam berbagai bentuk, seperti hiasan dahan, ranting, buah beri, atau bahkan buah pinus – gunakan keduanya sebagai aksen halus untuk melengkapi keseluruhan tampilan pohon Anda. Mengelompokkan pilihan menggunakan kawat bunga adalah cara kreatif untuk meningkatkan daya tarik visual pohon tanpa mengganggu dekorasi lainnya.

tree picks bagus untuk menambahkan percikan warna yang hidup, tidak hanya pada pohon Natal, tetapi juga pada karangan bunga. Pastikan memilih pick dengan batang yang dapat ditekuk agar lebih mudah dibentuk.

10. Tambahkan hiasan yang beraroma

Sekarang Anda bisa membuat pohon Natal buatan Anda berbau seperti asli berkat ornamen beraroma – ini akan memenuhi seluruh ruangan Anda dengan keajaiban Natal. Belilah sebotol batang tabung kertas beraroma Scentsicles (termasuk pengait) dan letakkan di antara dekorasi di pohon Anda untuk mendapatkan aroma yang baru dipotong. Anda akan mendapatkan keharuman segar dalam sekejap dengan aroma termasuk kayu manis, berry, atau cemara musim dingin.

11. Pilih puncak pohon yang tepat

Puncak pohon pernyataan adalah cara yang indah untuk melengkapi tampilan desainer pohon Anda. Pastikan untuk memilih salah satu yang paling sesuai dengan tema dan proporsi pohon Anda, dan pertimbangkan juga ketinggian langit-langit Anda. Hiasan atas pohon bintang atau malaikat biasanya merupakan yang paling populer, namun ada banyak desain alternatif yang dapat dipilih, termasuk desain yang dipersonalisasi , atau Anda dapat membuat hiasan atas sendiri.

12. Akhiri dengan rok atau alas pohon

Sering diabaikan, rok pohon Natal adalah sentuhan akhir pada dekorasi Anda dan berfungsi untuk menyeimbangkan keseluruhan desain pohon Natal . Rok pohon juga memiliki banyak manfaat, mulai dari menutupi ‘kaki’, batang atau tegakan pohon yang tidak sedap dipandang, hingga melindungi lantai dan karpet dari daun pinus yang tumbang (jika Anda memiliki pohon asli).
Ini secara alami menarik perhatian ke bagian bawah pohon dan membantu menghasilkan tampilan yang lengkap dan harmonis. Selain itu, ini adalah latar belakang sempurna untuk hadiah Natal yang dibungkus dengan indah. Sebagai alternatif, Anda mungkin ingin membeli permadani atau tikar pohon, terutama berguna jika memiliki pohon Natal yang dikemas dalam keranjang.

Sumber foto: Gary Spears / Pexels.com

Baca Juga: