Sejak dibuka tanggal 18 Mei 2022, La Maison De L’Indonésie telah sukses membuat program spesial workshop untuk memperkenalkan produk-produk Indonesia ke warga Perancis dan turis International yang datang ke Perancis yang berlangsung di Rumah Indonesia Paris (La Maison De L’Indonésie).

Workshop yang dibuat dan sudah berjalan adalah Kopi, Coklat, Jamu, Massage Bali, Batik, Wood Carving, Kursus Makanan Indonesia, Belajar Bahasa dan Budaya Indonesia dan Worksop Tarian Indonesia.

La Maison De L’Indonesie (Rumah Indonesia Paris) juga bekerja sama dengan lembaga pendidikan di Perancis dan salah satunya adalah Universitas Le Havre yang mempunyai kelas bahasa Indonesia dimana pada Kamis 1 Desember 2022, 15 Pelajar dan Dosen dari Universitas Le Havre di Perancis datang ke Paris untuk belajar tentang Kopi, Coklat, Jamu dan Tarian Indonesia di La Maison De L’Indonesie.

“Mereka belajar tentang sejarah, dan jenis kopi-kopi Indonesia dan juga mencicipi 2 macam kopi yaitu Arabika dan Robusta yang mempunyai aroma dan rasa yang berbeda. Setelah kopi, semua peserta juga mencicipi 4 macam coklat Indonesia dan dilanjutkan dengan 2 macam jamu yaitu Kunyit Asam dan Beras Kencur, yang dibuat langsung di depan peserta,” kata pendiri sekaligus penggagas La Maison De L’Indonésie, Eka Moncarre.

Semua peserta workshop juga tidak ketinggalan menikmati makan siang khas Indonesia dengan menu Nasi Goreng Ayam dan Krupuk yang dimasak dan disediakan khusus oleh La Maison De L’Indonesie.

Setelah menikmati makan siang yang lezat, semua peserta diajarkan tarian Indonesia oleh profesional penari diaspora Indonesia di perancis, Ibu Neti, yang mengajarkan tarian-tarian tradisional Indonesia selama 1.5 jam, dan membaut semua peserta bergoyang dan belajar tentang budaya Indonesia.

Acara Workshop yang berlangsung dari pukul 10 pagi sampai jam 3 sore, akhirnya berjalan lancar dan komplit memperkenalkan produk, gastronomi, tradisi dan budaya Indonesia, dan semua pelajar dan dosen dari Universitas Le Havre sangat senang sekali karena workshop Indonesia membuat mereka belajar banyak tentang Indonesia dan kebudayannya, apalagi semua pelajar belum pernah ada yang berkunjung ke Indonesia.

“Kegiatan workshop ini adalah satu strategi dari La Maison De L’Indonesie dalam mempromosikan Indonesia, dengan membagikan pengalaman langsung dan memberikan pengetahuan tentang produk-produk Indonesia ke dunia internasional,” pungkas Eka kepada KABARI.