Nusantaratv.com – TZ APAC bermitra dengan IDNFT, salah satu komunitas NFT ternama di Indonesia, merayakan karya seni digital anak bangsa dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia.  Pada 17 Agustus 2022, 17 seniman dari 17 kota di seluruh Indonesia menciptakan dan mencetak karya seni NFT pada platform Tezos. 

Daftar para seniman NFT, yang dikurasi oleh IDNFT untuk berpartisipasi dalam perayaan Hari Kemerdekaan ini, memiliki berbagai latar belakang dan budaya, serta berasal dari  seluruh penjuru Nusantara, mulai dari kota metropolis seperti Jakarta,  daerah pegunungan di Batu, hingga provinsi-provinsi lain seperti Jambi dan Makassar.

 Ke-17 seniman itu merupakan bagian dari ekosistem Tezos yang beragam di Indonesia, mulai dari profesional di bidang kesehatan hingga pegawai negeri dan guru sekolah. Mereka disatukan melalui kisah-kisah yang unik dan menginspirasi, di mana mereka telah menemukan jalan hidup yang melalui perjalanan NFT mereka. Yusuf, seorang kreator yang berpartisipasi dalam program perayaan ini, mampu membayar biaya kuliahnya menggunakan NFT. Sementara itu, seniman lainnya, Mamed, mampu menggalang dana lewat NFT untuk biaya pengobatan anaknya.

“Seniman Indonesia secara aktif mulai merangkul karya seni digital dalam bentuk NFT, memungkinkan mereka untuk mendapatkan kompensasi atas karya seni mereka dan menjadi pembuat perubahan positif bagi komunitas mereka,” kata Katherine Ng, Managing Director TZ APAC.

 “Reaksi yang baik terhadap adopsi karya seni NFT di Indonesia selaras dengan pertumbuhan ekonomi kreator. Hal ini didorong beberapa faktor seperti studi kasus inovatif penggunaan teknologi blockchain, adopsi aset kripto yang menerima sentimen positif sebanyak lebih dari 70%, serta potensi pertumbuhan jumlah tenaga kerja muda (180 juta anak muda Indonesia) pada tahun 2030 – banyak di antaranya bercita-cita menjadi seniman dan kreator. Kami sudah melihat momentum adopsi ini terjadi di lapangan, didorong oleh komunitas lokal seperti IDNFT yang telah memainkan peran penting dalam mendukung pertumbuhan penggunaan blockchain Tezos di masyarakat.”

 “Merupakan suatu kehormatan bekerja dengan TZ APAC dalam program peringatan Hari Kemerdekaan ini untuk mendukung seniman lokal berbakat  dan mendorong, merangkul serta mengedukasi kreator di ruang NFT. Kami memiliki tujuan menginspirasi dan memberdayakan  kreator di seluruh Indonesia sambil merefleksikan esensi HUT RI ke-77,” kata Budi Santosa, Founder IDNFT.

“Kisah-kisah menarik yang telah kami lihat dari 17 seniman dari 17 kota yang berbeda menyoroti dampak NFT yang luas dan nyata terhadap individu dari berbagai latar belakang, tidak hanya di kota-kota besar, tetapi di berbagai wilayah di Indonesia.”