Rambut beruban adalah bagian normal dari proses penuaan. Helaian rambut mengandung melanin, yang memberi warna pada rambut. Dan seiring bertambahnya usia, folikel rambut memproduksi lebih sedikit melanin sehingga menyebabkan rambut beruban atau putih. Genetika, stres, nutrisi, dan kondisi medis tertentu semuanya dapat menyebabkan rambut beruban lebih dini.

Meskipun Anda tidak dapat mengubah genetika atau riwayat kesehatan, Anda dapat melakukan banyak hal untuk mendukung respons stres yang sehat dan meningkatkan nutrisi dalam pola makan Anda.

Menurut Erica Zellner, Pakar kesehatan senior di Parsley Health, Erica Zellner MS, CNS, LDN, berikut ini adalah empat makanan luar biasa yang dapat Anda masukkan ke dalam diet untuk membantu mendukung kesehatan rambut dan menunda uban.

1. hummus

Saus Mediterania yang lezat ini bermanfaat bagi kesehatan rambut dan dapat membantu menunda uban dini.
Buncis mengandung folat atau vitamin B-9 yang sangat tinggi, hal ini penting karena kekurangan B-9 telah dikaitkan dengan penuaan dini . Hal ini karena B-9 penting untuk produksi metionin, asam amino yang penting untuk warna rambut. Folat juga membantu produksi DNA dan RNA.

Bahan bermanfaat lainnya dalam hummus adalah tahini, yang merupakan sumber tembaga yang sangat baik, mengandung hampir 30% dari nilai harian yang Anda rekomendasikan hanya dalam satu sendok makan. Tembaga memainkan sejumlah peran penting dalam kesehatan rambut Anda. Ini membantu tubuh Anda memetabolisme zat besi, mendukung produksi energi dan mendukung produksi melanin. Memiliki cukup tembaga dalam makanan Anda dapat memastikan bahwa proses penting ini tetap terjaga seiring bertambahnya usia.

2. Jamur

Kekurangan vitamin D mempengaruhi hampir separuh orang Amerika. Dan sayangnya, kekurangan vitamin D bisa menyebabkan rambut beruban sebelum waktunya.

Paparan sinar matahari yang aman adalah cara terbaik untuk mendapatkan vitamin D, namun jika tinggal di belahan bumi utara, hampir sepanjang tahun, akan sulit mendapatkan vitamin D hanya dari sinar matahari. Di sinilah jamur bisa membantu! Beberapa jamur ditanam menggunakan lampu UV khusus yang meningkatkan kandungan vitamin D di dalamnya.

Untuk melihat apakah jamur di toko bahan makanan terdekat Anda ditanam dengan sinar UV, tinjau panel nutrisi. Mulai Januari 2020, persyaratan pelabelan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS kini mewajibkan vitamin D dicantumkan di Panel Fakta Gizi. Carilah jamur yang mengandung 10 mcg atau lebih vitamin D.

3. Makanan Fermentasi

Tahukah Anda bahwa mikrobioma yang kuat dan beragam ternyata dapat menunda rambut beruban? Makanan fermentasi seperti kimchi atau asinan kubis menyediakan probiotik (bakteri bermanfaat) untuk mikrobioma kita. Di antara banyak manfaat lainnya, mikrobioma yang kuat membantu kita memproduksi biotin . Kekurangan biotin dapat mengubah warna rambut dan menyebabkan uban dini .

Menambahkan beberapa porsi makanan kaya probiotik ke dalam diet harian dapat menjadi cara yang mudah dan efektif untuk meningkatkan mikrobioma usus Anda sekaligus meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Namun jika Anda tidak menyukai rasa makanan fermentasi, tidak apa-apa memulainya perlahan-lahan! Coba tambahkan sesendok jus kimchi ke dalam saus salad untuk meningkatkan bakteri menguntungkan dan mencerahkan rasanya. Bahkan hanya satu sendok makan makanan fermentasi yang dicampur ke dalam makanan Anda sudah bisa memberikan manfaat!

4. Cokelat Hitam

Cokelat hitam bisa menjadi sumber zat besi yang sangat baik untuk mencegah uban . Dalam sebuah penelitian , kadar feritin yang rendah (ferritin adalah protein darah yang mengandung zat besi) dikaitkan dengan rambut beruban prematur. Satu ons coklat hitam mengandung 20% ​​dari nilai zat besi harian Anda. Untuk meningkatkan jumlah zat besi yang Anda serap dari coklat harian Anda, pertimbangkan untuk mengonsumsinya bersama dengan sumber vitamin C.

Sumber foto: foodnetwork.com

Baca juga: