Menaiki tangga adalah salah satu cara paling murah, nyaman dan efektif untuk tetap bugar. Hal ini terutama merupakan olahraga yang menyehatkan jantung karena tidak hanya dapat meningkatkan kebugaran kardiorespirasi tetapi juga dapat menunjukkan apakah ada yang salah dengan jantung.

Dalam beberapa hal, menaiki tangga lebih memberikan efek dibandingkan berjalan di tanah biasa dan juga memberikan latihan pada tubuh bagian bawah yang mungkin tidak dapat bergerak karena gaya hidup orang yang tidak banyak bergerak. Naik tangga juga baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Menurut jurnal Medicine & Science in Sports & Latihan, hanya setengah jam menaiki tangga dalam seminggu, yang dibagi dalam sesi 10 menit tiga kali seminggu, dapat meningkatkan kebugaran kardiorespirasi secara signifikan.

Ada penelitian yang membuktikan orang yang dapat menaiki 4 anak tangga berturut-turut dalam waktu kurang dari 1 menit memiliki kesehatan jantung yang baik. Sebaliknya, jika membutuhkan waktu lebih dari 1 menit 30 detik untuk menaiki 4 anak tangga, hal itu bisa mengindikasikan penyakit kardiovaskular.

Naik tangga daripada lift adalah cara sederhana namun efektif untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda. Menurut Dr Jayati Rakhit, Pendiri dan Direktur Klinis di Rumah Sakit Ohio di Newtown, Kolkata, berikut lima cara pilihan ini dapat memberikan dampak positif pada kesehatan kardiovaskular:

1. Peningkatan kebugaran kardiovaskular

Menaiki tangga adalah latihan kardiovaskular yang melibatkan banyak kelompok otot, termasuk kaki dan inti. Menaiki tangga secara teratur meningkatkan detak jantung , meningkatkan kebugaran kardiovaskular. Seiring waktu, hal ini dapat membuat jantung lebih kuat sehingga memompa darah lebih efisien dan mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Pembakaran kalori dan pengelolaan berat badan

Memilih tangga dapat membantu membakar kalori, membantu pengelolaan berat badan, dan mengurangi risiko obesitas, yang merupakan penyebab utama masalah jantung. Menaiki tangga melibatkan kelompok otot yang lebih besar, sehingga dapat membakar lebih banyak kalori dibandingkan naik lift. Menjaga berat badan yang sehat sangat penting untuk kesehatan jantung.

3. Meningkatkan sirkulasi darah

Menaiki tangga meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Saat mendaki, jantung memompa lebih banyak darah, mengantarkan oksigen dan nutrisi ke otot dan organ. Peningkatan sirkulasi ini dapat mengurangi risiko penggumpalan darah, aterosklerosis, dan hipertensi, yang semuanya dapat menyebabkan penyakit jantung.

4. Menurunkan kadar kolesterol

Aktivitas fisik yang teratur, seperti naik tangga, dapat membantu meningkatkan kolesterol high-density lipoprotein (HDL), yang sering disebut sebagai kolesterol ‘baik’. Tingkat kolesterol HDL yang lebih tinggi dapat mengurangi penumpukan kolesterol ‘jahat’ low-density lipoprotein (LDL) di arteri Anda. Hal ini menurunkan risiko pembentukan plak dan menjaga arteri Anda tetap bersih dan sehat.

5. Pengurangan stres

Naik tangga juga bisa menjadi pereda stres. Aktivitas fisik memicu pelepasan endorfin, peningkat suasana hati alami yang mengurangi stres dan kecemasan. Stres kronis dikaitkan dengan penyakit jantung, jadi mengelola stres melalui menaiki tangga secara teratur dapat memberikan efek perlindungan pada jantung .

Memasukkan perubahan sederhana ini ke dalam rutinitas harian dapat berkontribusi secara signifikan terhadap kesehatan jantung dan penurunan risiko penyakit jantung. Jadi, jika lain kali dihadapkan pada pilihan antara tangga dan lift, pertimbangkan untuk menggunakan tangga demi kesehatan jantung.

Sumber foto: usnews.com

Baca Juga: