Apakah pikiran untuk mengunjungi dokter gigi membuat Anda takut? Tenang Anda tidak sendiri. Kecemasan gigi memengaruhi banyak orang dan dapat mencegah mereka mendapatkan perawatan yang mereka butuhkan.

Pemeriksaan gigi secara teratur sangat penting tetapi banyak dari kita yang terus menundanya karena takut pergi ke dokter gigi. Siapa yang suka suara bor dimasukkan ke dalam mulut Anda? Sangat umum bagi orang untuk takut pergi ke dokter gigi.

Jika rasa takut terhadap gigi banyak membuat orang menunda atau membatalkan pengobatan. Orang-orang seperti itu memiliki fobia gigi. Daripada menunda kunjungan, dan membiarkan kondisi gigi Anda memburuk, penting untuk menemukan beberapa cara mengatasi kecemasan gigi.

Dr. Kshama Chandan, Dokter Gigi Selebriti dan Pendiri House of Tooth, Mumbai, berbagi beberapa strategi dan tip tentang cara mengatasi kecemasan gigi.

  1. Komunikasikan masalah Anda: Jangan merasa malu untuk mengomunikasikan Anda kepada dokter gigi. Dengan mengetahui kekhawatiran Anda, mereka sebenarnya dapat membuat prosesnya lebih mudah. Mereka juga akan menjelaskan setiap langkah dari awal hingga akhir, sehingga Anda tahu apa yang akan terjadi selanjutnya.
  2. Gangguan: Mengalihkan perhatian di klinik gigi adalah cara terbaik untuk menghilangkan kecemasan. Lihat apakah Anda dapat menonton Netflix atau film selama janji temu, atau bahkan mendengarkan musik.
  3. Ajak teman: Ditemani kerabat atau teman bisa menenangkan pikiran Anda. Tanyakan kepada dokter gigi Anda apakah nyaman bagi mereka untuk membawa serta teman Anda. Meskipun Anda tidak dapat berbicara dengan orang tersebut, tetapi kehadirannya atau sesuatu yang sederhana seperti memegang tangan Anda dapat membantu Anda merasa aman, nyaman, dan santai.
  4. Relaksasi otot: Kecemasan bisa meningkat saat duduk di ruang tunggu atau saat melihat kursi gigi. Dalam situasi seperti itu, meditasi adalah cara sederhana dan terbaik untuk mengurangi stres.
  5. Takut disuntik atau takut suntikan tidak akan berhasil: Banyak orang sangat takut dengan jarum suntik. Beberapa bahkan merasa tusukan itu akan buruk. Dokter akan mengoleskan gel mati rasa terlebih dahulu sehingga tusukan pun tidak terasa. Beberapa orang takut anestesi tidak bekerja atau dosis yang diberikan sangat sedikit untuk menghilangkan rasa sakit sebelum prosedur gigi dimulai. Seseorang harus selalu mempercayai dokter dan prosesnya serta percaya bahwa mereka akan baik-baik saja.

“Ini adalah beberapa cara Anda dapat mengatasi kecemasan gigi. Menunda janji hanya akan menambah masalah. Komunikasi adalah kuncinya! Semakin jelas Anda tentang ketakutan Anda, semakin mudah bagi dokter gigi dan Anda untuk mengatasinya. Jadi pergi dan temui dokter gigi Anda hari ini dan Anda akan menyadari, itu tidak seburuk yang Anda kira,” tutup Dr. Kshama.

Sumber foto: scientificamerican.com

Baca Juga: