Sebuah penelitian yang akan dipresentasikan pada Sesi Ilmiah American Heart Association 2023, yang diadakan antara tanggal 11-13 November di Philadelphia, melaporkan memiliki kesehatan kardiovaskular yang tinggi sebagaimana ditentukan oleh kepatuhan terhadap daftar AHA’s Life’s Essential 8 dapat memperlambat penuaan biologis rata-rata sebesar enam tahun.

Hal ini juga dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan penyakit lain yang terkait dengan penuaan, namun temuan ini belum dipublikasikan dalam jurnal ilmiah yang ditinjau oleh rekan sejawat.

Daftar periksa Life’s Essential 8 meliputi:

mendapatkan tidur yang nyenyak
tidak merokok
melakukan aktivitas fisik secara teratur
makan makanan yang sehat
menjaga berat badan yang sehat
memiliki kadar gula darah dan kolesterol yang sehat
menjaga tekanan darah dalam kisaran normal

Life’s Essential 8 membantu memperlambat penuaan biologis

Para peneliti memeriksa seberapa baik orang mengikuti daftar periksa Life’s Essential 8 untuk mengukur kesehatan jantung. Kedelapan ukuran tersebut dirata-ratakan, dan skor tersebut digunakan untuk menempatkan orang-orang dalam kategori kesehatan kardiovaskular tinggi, sedang, atau rendah.

Tim juga mengukur proses penuaan biologis dengan menghitung usia fenotipik peserta penelitian. Usia fenotipik didasarkan pada usia kronologis ditambah hasil sembilan tes darah yang dipilih untuk mengukur metabolisme, peradangan, dan fungsi organ.

Untuk menentukan percepatan usia fenotipik setiap orang, perbedaan antara usia kronologis dan fenotipik dihitung untuk melihat apakah mereka menua lebih cepat atau lebih lambat dibandingkan usia kronologisnya.

Untuk 6.500 orang dewasa yang terlibat dalam penelitian ini, para peneliti menemukan bahwa orang dengan kesehatan kardiovaskular yang tinggi secara fisiologis lebih muda dari usia mereka. Rata-rata usia kronologis mereka adalah 41 tahun, namun usia biologis mereka adalah 36 tahun.

Di sisi lain, mereka yang memiliki kesehatan jantung rendah ternyata mengalami penuaan lebih cepat dari perkiraan. Orang-orang ini memiliki usia rata-rata 53 tahun, namun usia biologis rata-rata mereka adalah 57 tahun.

Selain itu, memiliki skor Life’s Essential 8 tertinggi yang berarti orang tersebut memiliki kesehatan kardiovaskular yang tinggi dikaitkan dengan memiliki usia biologis yang rata-rata enam tahun lebih muda dibandingkan dengan orang-orang dengan skor terendah.

Apa itu penuaan biologis?

Moshe Szyf, PhD, ahli genetika dan pendiri serta CEO HKG Epitherapeutics menjelaskan bahwa Penuaan biologis mencakup serangkaian perubahan fisiologis yang terjadi seiring bertambahnya usia.

Menurut Szyf, penelitian saat ini menunjukkan bahwa perubahan ini terutama dipengaruhi oleh perubahan fungsi gen yang berkaitan dengan usia. Perubahan ini berdampak pada fungsi sistem kekebalan tubuh, metabolisme, sistem kardiovaskular, dan otak serta berpotensi menimbulkan dampak buruk pada kesehatan kita.

“Studi ini menunjukkan hubungan kuat antara perubahan ini dan modifikasi epigenetik, khususnya perubahan metilasi DNA yang bergantung pada usia,” jelasnya. “Metilasi DNA memerlukan tanda kimia pada lokasi tertentu dalam DNA kita, yang mengatur fungsi gen.”

Menurut Szyf, pergeseran distribusi tanda-tanda ini dapat mempengaruhi fungsi gen, mempengaruhi fisiologi organ.
Proses perubahan metilasi DNA sering disebut sebagai “jam epigenetik,” katanya, seraya menambahkan bahwa, meskipun rata-rata orang mempunyai umur sekitar 100 tahun, terdapat variasi antar individu.

“Jam ini dapat mencerminkan kondisi kesehatan kita dengan lebih baik dibandingkan usia kita seperti yang tertera pada identifikasi resmi,” kata Szyf.

“Laju kemajuan jam ini mungkin sebagian diwariskan secara genetik, namun semakin jelas bahwa gaya hidup, faktor lingkungan, dan pengaruh sosial juga dapat memengaruhi laju penuaan,” tambahnya.

Bagaimana cara memperlambat penuaan biologis?

“8 kebiasaan penting dalam kehidupan diyakini memengaruhi pemrograman gen, kemungkinan besar melalui mekanisme epigenetik,” lanjut Syzf.

“Kebiasaan ini berhubungan dengan sirkuit regulasi yang berubah seiring bertambahnya usia, mengirimkan sinyal penting yang dapat mengatur ulang program epigenetik ke kondisi yang lebih muda.”

Syzf lebih lanjut menjelaskan bahwa terdapat bukti yang mendukung gagasan bahwa faktor gaya hidup seperti pola makan, tidur, dan olahraga semuanya dapat mengubah program epigenetik.

Namun, dia mencatat bahwa tidak diketahui secara pasti mekanisme apa yang mempengaruhi kebiasaan ini terhadap metilasi DNA dan proses epigenetik lainnya.

“Area ini tetap menjadi bidang penelitian yang menarik dan aktif,” katanya.

Bagaimana mengikuti pedoman Life’s Essential 8

Menurut Shannon Gillespie, PhD, perawat terdaftar dan asisten profesor keperawatan di The Ohio State University College of Nursing dan peneliti utama pendiri Laboratorium Imunomonitoring Ibu-Bayi, mengatakan untuk menerapkan Life’s Essential 8 itu penting dalam jangka panjang.

“Pertama-tama penting untuk memperhatikan posisi Anda dalam perjalanan kesehatan Anda dan mengetahui bahwa perubahan kecil sekalipun dapat membuat perbedaan besar jika terus mengembangkannya.”

Gillespie mengatakan penting juga untuk tetap terlibat dengan tim layanan kesehatan Anda atau memanfaatkan sumber daya komunitas untuk mengukur kemajuan.

“Mungkin tekanan darah atau kadar gula darah Anda lebih tinggi dari yang Anda inginkan,” katanya. “Ini adalah peluang bagus untuk menetapkan tujuan dan mengembangkan rencana dengan penyedia layanan kesehatan.”

Terakhir, Gillespie mengatakan bahwa mengetahui bahwa daftar periksa ini dapat mengubah kesehatan Anda menjadi lebih baik akan sangat bermanfaat.

Sumber foto: Kate Trifo / Pexels.com

Baca Juga: