KabariNews – Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan kabinetnya, Minggu, (26/10)  di Istana Negara, Jakarta. Ada empat menteri koordinator dengan 34 kementerian. Jokowi-JK menamakan kabinetnya adalah Kabinet Kerja.

Berdasarkan latar belakangnya, sebanyak 14 menteri (41%) berasal dari partai politik. Ada 4 menteri dari PDIP, 4 nama dari PKB, 3 orang dari NasDem, 2 menteri dari Hanura, dan 1 orang dari PPP. Sementara itu, ada 20 menteri (59%) yang berasal dari kalangan profesional dengan berbagai latar belakang. Nah, kabarinews.com merangkum  sepuluh  diantara menteri yang terpilih pernah menimba ilmu di negeri Paman Sam. Berikut daftarnya.



1. Menko Bidang Kemaritiman, Indroyono Soesilo.

Setelah lulus dari Jurusan Teknik Geologi ITB pada tahun 1979  dan Indroyono Soesilo meneruskan ke Jurusan Remote Sensing University Michigan, Amerika Serikat pada 1981. kemudian Jurusan Geologic Remote Sensing The University of Iowa, Amerika Serikat pada tahun 1987 dan mengambil kekhususan di Remote Sensing Satellite Ground Station Management Training, Canada, pada 1992.

2.Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan

Ignasius Jonan merupakan lulusan Fletcher School, Tufts University, AS

3.Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral, Sudirman Said

Sudirman Said pernah menempuh pendidikan  Master Bidang Administrasi Bisnis dari George Washington University, Washington, DC, Amerika Serikat 1994

4.Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro

Bambang pernah menimba ilmu di University of Illinois at Urbana-Champaign, 1993 – 1997, Ph.D (Tata Wilayah dan Perkotaan), Bidang Studi: Ilmu Regional dan Ekonomi Pembangunan dan University of Illinois at Urbana-Champaign, 1991 – 1993, M.Sc (Tata Kota), Bidang Studi Tata Transportasi & Ekonomi Pembangunan.

5.Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah,  Anies Baswedan

Anies pernah  terpilih menjadi peserta AFS, program pertukaran pelajar siswa Indonesia-Amerika. Selama satu tahun Anies tinggal di Milwakuee, Wisconsin, Amerika Serikat. Anies pun pernah mendapat beasiswa melanjutkan studi master bidang International Security and Economic Policy di University of Maryland, College Park. Dan melanjutkan studinya setelah mendapat beasiswa program doktoral dari Northern Illinois University. Anies meraih Gerald S. Maryanov Fellow dari Northern Illinois University. Beasiswa ini diberikan bagi mahasiswa Northern Illinois University dengan prestasi dan integritas dalam pengembangan ilmu politik.



6.Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly

Setelah lulus dari Fakultas Hukum USU tahun 1978, Yasonna lalu melanjutkan ke Virginia Commonwealth University pada tahun 1986 dengan penghargaan Outstanding Graduate Student Award Virgina Commw. University. Kemudian ke North Carolina University pada 1994 dengan meraih gelar Doktor dengan tergabung dalam Alpha Kappa Delta International Sosiology Honor Society pada 1987 dan Sigma Iota International Honor Society pada 1993. Mulai tahun 1983 hingga 1984 ia mengikuti Internship in Higher Education Administration Roanoke College, Salem Virginia, USA 1983-1984.

7.Menteri BUMN,  Rini M Soemarno

Wanita yang lahir di Maryland ini merupakan Sarjana Ekonomi lulusan 1981 dari Wellesley College, Massachusetts, Amerika Serikat.

8. Menko Bidang Perekonomian, Sofjan Djalil

Sarjana Hukum UI ini pernah meneruskan pendidikan Masternya di  Master of Arts (M.A.), The Graduate School of Arts and Sciences, Tufts University, Medford, Massachusetts, Amerika Serikat, bidang studi Public Policy tahun 1989. Dan  Master of Arts in Law and Diplomacy (M.A.L.D.), The Fletcher School of Law and Diplomacy, Tufts University, Medford, Massachusetts, AS, bidang studi International Economic Relation, tahun 1991.  Tak hanya itu Sofjan Djalil merupakan seorang Doctor of Philosophy (Ph.D), The Fletcher School of Law and Diplomacy, Tufts University, Medford, Massachusetts, AS, bidang studi International Financial and Capital Market Law and Policy, tahun 1993

9.Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral, Sudirman Said

Lulusan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara tahun 1990 ini pernah melanjutkan studi Masternya di  Bidang Administrasi Bisnis  George Washington University, Washington, DC, Amerika Serikat tahun 1994.

10. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera), Mochamad Basuki Hadimuljono

Basuki merupakan alumnus  Universitas Gajah Mada (UGM) jurusan Teknik Geologi. Kemudian  bergelar Master dan Doktor Teknik Sipil dari Colorado State University, Amerika Serikat. (1009)

Untuk Share Artikel ini , Klik www.KabariNews.com/?72091

Mohon beri Komentar di Bawah Artikel ini. Terima kasih

______________________________________________________

Supported by :

Asuransi Rumah

Kabaristore150x100-2