Hidroponik bisa dikatakan salah satu cara jitu bercocok tanam di saat rumah hanya memiliki lahan yang terbatas. Ya! Cara bercocok tanam dengan Hidroponik tidak banyak menggunakan lahan dan memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah.

Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air dan lahan yang terbatas, seperti di rumah.

Nah, Lia Kusumawardhani yang merupakan salah satu anggota Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) memiliki hobi bercocok tanam dengan sistem Hidroponik. Wanita yang juga menjadi ketua bidang Koperasi dan UMKM IWAPI pun berbagi tips manfaat dalam melakukan Hidroponik.

Bagi Lia melakukan aktivitas bercocok tanam menggunakan sistem hidroponik memiliki banyak manfaat. Pertama, Hidroponik seperti dikatakan di atas tidak banyak menggunakan lahan. Terlebih jika lahan di rumah sangat terbatas. Lahan atau tempat yang tersedia di rumah dapat digunakan asalkan ada sirkulasi udara dengan ruangan yang cukup pencahayaan dan jangan tertutup.

Kedua, aktivitas Hidroponik banyak menghabiskan waktu di rumah. Bercocok tanam dengan sistem Hidroponik mengharuskan kita harus selalu berada di rumah, selain juga untuk mengecek tanaman di waktu pagi – sore juga melihat apakah ada hama atau tidak di tanaman. Dan jangan lupa untuk selalu memperhatikan pengairannya.

Selain itu, ketika saat panen dapat dilakukan secara sendiri atau mengajak teman/rekan kerja. Jadi melakukan panen sekaligus menjadi ajang silaturahmi. Hasil panennya juga dapat dikonsumsi sendiri atau dibagikan ke teman, rekan atau saudara. 

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini :