Berawal dari usaha sampingan, Filene Krizia yang berasal asal Bandung mendirikan bisnis kerajinan tangan yang dinamakan Clayt di tahun 2020. Clayt sendiri merupakan bisnis yang fokus pada handcraft dan polymer clay.

“Sebenarnya bikin kerajinan clay ini hanya untuk usaha sampingan saja. Saya baru mulai fokus di bulan maret 202o pas lagi pandemi. Waktu itu masih kerja fulltime. Setelah dijalani selama 6 bulan,  bisnis kerajinan clay ternyata memiliki potensi. Akhirnya saya resign dan fokus ke bisnis clayt,” tutur Filene kepada KABARI.

Clayt ini merupakan produk yang semuanya handmande dengan menggunakan bahan polymer clay. Kenapa memilih bahan polymer clay? Filene berujar,  bahan dari polymer clay sifatnya durable untuk dibuatkan berbagai macam aksesoris serta tahan lama.  

Awalnya Clayt hanya memproduksi anting saja, namun sekarang sudah membuat aksesoris lainnya seperti gelang, kalung, gantungan kunci, dan menerima custom order. Sejauh ini  produk best seller  dari Clayt  adalah permintaan dari customer untuk dibuatkan handcraft  berupa muka anjing, atau kucing peliharaan untuk dibuatkan gelang atau gantungan kunci.

Filene mengatakan  proses pembuatannya sifatnya relatif tergantung dari corak dan warna yang digunakan. Jika semakin rumit dan memakai warna yang banyak maka pengerjaannya akan membutuhkan waktu, namun untuk membuat satu koleksi contohnya anting hanya sekitar 2-3 jam pengerjaan.  

Adapun range harga dari produk Clayt berkisar dari Rp.  35.000 – 450.000 ribu dan dipasarkan menggunakan Instagram, seiring berjalannya waktu Filene menggunakan e-commerce, TikTok dan membuka stan di bazaar. “Kalau buka stan orang bisa langsung lihat karya kita. Berhubung juga ini  handmade, mereka sangat antusias dengan produk dari Clayt,” tuturnya.

Sejauh ini produk dari Clayt pernah sempat dikirim Amerika, negara lainnya seperti Jepang. “yang Amerika itu orang AS asli yang beli karena melihat IG Clayt, sementara yang Jepang ada orang Indonesia yang tertarik dengan Clayt kemudian membelinya,” katanya

Kedepannya Filene berencana untuk mengembangkan bisnisnya  dengan menambah karyawan, mengikuti bazar-bazar lain, dan lebih dikenal orang luar negeri sekaligus juga menguatkan brand Clayt di sosial media.

Baca Juga: