KabariNews – Setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk mengekspresikan pikiran maupun perasaan yang dirasakannya. Berbagai hal dapat dilakukan setiap orang seperti menyanyi, bermain musik, olahraga dan berbagai macam hal lainnya. Tidak terkecuali dengan seniman yang memiliki caranya sendiri untuk mengekspresikan dirinya. Setiap seniman memiliki caranya berseni baik itu menggambar atau melukis.

Namun ada yang unik dengan seni satu ini yang sedang berkembang di Indonesia beberapa tahun belakangan ini yaitu mural. Mural merupakan seni melukis dinding yang fungsinya tidak hanya saja memperindah dinding namun ternyata dijadikan sebagai salah satu untuk menyalurkan ekspresi atau hobi.

Ade Radinal Siregar, begitulah nama lengkap pria kelahiran Medan 22 tahun yang lalu ini. sekilas tidak ada yang berbeda dari Mahasiswa D3 Jurusan Metrologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatera Utara (FMIPA-USU) ini dengan mahasiswa lainnya. Namun, mahasiswa yang mendalami ilmu eksakta ini ternyata memiliki skill dan kecakapan dalam menggoreskan kuas.

Kemampuan melukis Ade yang sudah tidak diragukan ini ternyata berawal saat Ade duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA), “awalnya dulu waktu SMA, di kelas lagi gak ada teman iseng-iseng gambar dan akhirnya keterusan sampe sekarang.” tuturnya. Ade memiliki kemampuan melukis secara otodidak, berawal dari iseng-iseng Ade terus mendalami seni melukis hingga ia handal dalam menyapu kuasnya seperti saat ini.

 Pria berdarah Batak ini mengaku suka melukis karena dengan melukis ia dapat mengekspresikan dirinya, selain itu dia juga dapat menyalurkan imajinasi yang dimilikinnya. Sosoknya yang pendiam membuat Ade lebih memilih melukis untuk menyampaikan apa yang ada di fikirannya.

Dalam hal melukis pria yang mengidolakan Oky Reymanto dan Aaron Horkey ini memilih mahzab Lowbrow dalam jenis lukisannya, yaitu melukis tokoh-tokoh kartun atau imajinasi. Ade menyukai Lowbrow karena menurutnya lebih menantang dan lebih bebas dalam menyalurkan imajinasinya. Namun, walau lukisan yang ia geluti bermahzab Lowbrow tidak jarang Ade juga melukis realis seperti wajah pelawak legendaris Warkop DKI dan sosok legendaris Soe Hok Gie.

Dari kecakapannya menggoreskan kuas, kini Ade telah banyak menghasilkan karya lukis, selain untuk disimpan sebagai koleksi pribadi, Ade juga pernah mengikuti beberapa kegiatan dan pameran seni. “ udah pernah beberapa kali ikut pameran kayak pameran seni pemuda metropolis, parkiran seni dan beberapa event kayak Aphoria, Acem?, eventdelux dan beberapa event lainnya.” Ucap Ade. (1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/77699

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Hosana

 

 

 

 

kabari store pic 1