Memulai hari yang indah tentunya tergantung bagaimana suasana hati kita. Salah satu caranya adalah bangun pagi dengan pikiran yang positif. Setelah itu didukung dengan makanan dan minuman yang tepat serta olahraga.

Memulai Hari

Saat bangun tidur, janganlah langsung melompat dari tempat tidur dan berdiri. Tapi duduklah dan habiskan waktu beberapa menit untuk peregangan atau meditasi dengan mengatur pernapasan sambil memikirkan hal yang menyenangkan yang akan dikerjakan pada hari itu. Bukalah jendela dan nikmati suara alam cicitan burung-burung bahkan jika hujan, suara tetesannya pun akan menimbulkan sesuatu yang damai. Setelah itu dapat dimulai dengan sarapan pagi atau lari pagi serta mengajak jalan anjing kita. Berolahraga sambil menghirup udara segar meski hanya lima menit dapat menimbulkan semangat dan perasaan lebih segar.

Bagi yang terbiasa bangun dengan suara alarm, salah satu penyebab kita bangun dengan rasa malas bahkan sakit kepala justru karena kita menyetel alarm dengan snooze. Setel alarm tanpa menyetel snooze per 15 menit bunyi misalnya. Jika ingin bangun jam tujuh pagi, setel alarm jam tujuh pagi. Janganlah menyetel jam enam pagi lalu menghidupkan snooze per 15 menit karena alasan takut tidak dengar atau ingin kembali tidur sebentar.

Jangan sekali-sekali meninggalkan sarapan. Dengan alasan tak ada waktu atau sedang diet. Makan pagi merupakan hal yang paling penting untuk memulai hari. Makanlah yang memiliki kandungan protein tinggi dan karbohidrat yang tak berlebihan, Jika tidak sempat memasak, makan oatmeal atau cereal dengan campuran buah segar, roti tawar dengan peanut butter, serta ditambah kopi untuk menambah energi, sudah cukup. Sebaiknya makan tidak dalam porsi besar sampai kekenyangan. Akibatnya malah membuat kita mengantuk. Meski makan porsi kecil asal kandungan protein dan karbohidrat tercukupi itu akan lebih baik.

Seandainya saat siang atau menjelang sore hari merasa tak bersemangat, minum kopi boleh saja, tapi cobalah mengudap sesuatu yang mengandung protein serta fiber tinggi. Pilihannya bisa snack bar, salad atau bisa juga buah-buahan yang berserat dan mengandung vitamin C. Lupakan makanan gorengan atau jajan sesuatu yang mengenyangkan tapi tak memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Hanya mengenyangkan dan membuat mengantuk tak bergairah.

Pengusir Stres

Lalu bagaimana mengenyahkan stres, frustasi serta amarah dengan pekerjaan yang menumpuk atau dalam rutinitas sehari-hari? Menyalurkan energi negatif ke kegiatan berolahraga merupakan penyaluran yang benar. Pergi ke tempat olahraga, pergi ke taman dan berjalan memutarinya, dan dapat juga meluangkan waktu dengan bermeditasi. Meditasi dapat dilakukan di mana saja. Saat di rumah, di kantor bahkan saat berbelanja ke departement store! Cukup bermodalkan aplikasi di telepon genggam. Duduk sebentar, buka aplikasi, lalu ikuti petunjuk cara bagaimana mengatur napas. Seandainya menggemari aromaterapi atau bau harum yang menenangkan, cobalah menggunakan essential oil atau lotion dengan aroma semacam peppermint dan lavender untuk relaksasi dan aroma orange untuk membangun suasana hati.

Bagaimana dengan pola makanan? Secangkir teh green tea dan semangkuk salad atau buah-buahan dapat membantu meredakan kadar stres. Ingin lebih praktis? Ambil yogurt atau membuat smoothies pisang. Banyak orang saat stres lari ke kudapan semacam coklat, potato chips atau keripik kentang bahkan es krim dan alkohol. Jika menyukai coklat, pilih dark chocolate karena tidak mengandung gula dan lemak yang berlebih. Hindari mengudap keripik kentang dan es krim. Berpikir bahwa minum minuman beralkohol dapat menenangkan, membuat rileks dan mengusir stres, ada benar dan salahnya. Bisa membuat rileks jika kita meminum dengan takaran pas atau lebih baik memilih segelas anggur daripada berbotol-botol bir. Salah jika meminum berlebihan karena justru akan membuat badan menjadi lemas dan sakit kepala hebat.