kanker

Kanker bukanlah penyakit yang hanya bisa ditemukan pada orang dewasa saja. Sejumlah kanker pun bisa diidap oleh anak-anak. Sebelum terlambat, deteksi kanker sedini mungkin. Apa saja yang perlu diketahui?

Mendengar kata kanker, setiap orang pasti merasa ngeri dan langsung membayangkan risiko kematian yang mengintainya. Tak salah, penyakit yang belum ada obatnya ini memang identik dengan risiko paling fatal dari mengidap suatu penyakit, yakni meninggal dunia. Apalagi, kanker tak hanya diderita oleh orang dewasa saja, tetapi anak-anak juga bisa mengidap kanker.

Ketika menemukan beberapa gejala yang dicurigai sebagai kanker, ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan sejak dini, berikut ini ada beberapa tindakan yang perlu diambil :

  1. Lakukan pengumpulan informasi riwayat kanker dalam keluarga.
  2. Tes laboratorium, mulai dari tes sampel darah, sampel jaringan, sumsum tulang, dan sebagainya.
  3. CT (computed tomography) Scan, MRI (magnetic resonance imaging), rontgen, scan dan sebagainya, untuk melihat adanya keabnormalan pertumbuhan jaringan.
  4. Jika masih sulit dipastikan atau letak kanker yang berada di dalam tubuh tidak teraba atau tak terlihat, diagnosis dengan patologi anatomi terbuka (dengan membuka dan mengambil jaringan) perlu dilakukan.

Minimalisasi resiko kanker pada anak

Tak dipungkiri memang risiko terkena kanker sulit dihindari, karena bisa terjadi pada siapa saja. Tapi bukan berarti risiko kanker tak dapat diminimalisir. Dengan menerapkan pola hidup sehat, menjaga asupan makan, dan melakukan pemeriksaan sejak dini, kanker bisa dicegah sebelum terlambat.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan :

  • Nutrisi : Cukupi kebutuhan vitamin dan nutrisi secara seimbang.
  • Olahraga : Berolahraga secara rutin dan teratur.
  • Hindari rokok :  Terutama bagi para perempuan yang sedang hamil, hindari rokok dan asap rokok.
  • Hindari radiasi : Jauhi lingkungan yang berpotensi memberi efek radiasi, seperti divisi rontgen pada rumah sakit, juga area pembangkit listrik.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?59545

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________________

Supported by :