KabariNews – Harapan, nama seekor Badak Sumatera terakhir yang tinggal di luar Asia Tenggara akan meninggalkan rumahnya di Kebun Binatang Cincinnati dan pindah ke Indonesia. “Harapan  cukup matang untuk kawin”, kata para pejabat kebun binatang seperti dikutip washingtonpost.com, Selasa, (25/8) , dan kemungkinan dia melakukannya dengan sukses jauh lebih baik di Suaka Badak Sumatera di sebuah taman nasional Indonesia.

Saat ini hanya ada sekitar 100 badak Sumatera yang tersisa di dunia. Minggu lalu, para ilmuwan mengatakan spesies ini telah punah di alam liar di Malaysia. Rasmus Gren Havmøller, penulis studi Malaysia, mengatakan dalam sebuah pernyataan  bahwa kunci untuk menyelamatkan spesies bergantung pada apakah semua yang tersisa dari Badak Sumatera dipandang sebagai metapopulation, yang berarti bahwa semua dikelola dalam satu program di batas nasional dan internasional dalam rangka memaksimalkan tingkat kelahiran secara keseluruhan.

Saat ini ada sembilan badak Sumatera di penangkaran, di Cincinnati, yang akan segera menuju Indonesia,  tiga di Sabah, Malaysia dan lima di tempat penangkaran. Kabar bahwa, Harapan yang lahir  di kebun binatang ini akan meninggalkan Cincinnati adalah “akhir dari sebuah era” untuk program pemuliaan kebun binatang sendiri dari spesies ini, kata para pejabat.

Upaya untuk mengembangbiakkan Harapan di kebun binatang tidak bekerja, Cincinnati Enquirer mencatat. “Meskipun kesedihan pribadi yang besar sehingga banyak dari kita merasa baik bahwa Harapan meninggalkan  program pemuliaan badak Cincinnati Zoo Sumatera akan segera berakhir, kita perlu fokus pada semua yang telah kita capai.

Dr. Terri Roth, Direktur Pusat Kebun Binatang untuk Konservasi dan Penelitian Margasatwa Langka,  mengatakan The Cincinnati Zoo telah memiliki dampak bersejarah yang mendalam pada upaya untuk menyelamatkan spesies ini. (1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/79546

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

greatpremium

 

 

 

 

 

kabari store pic 1