ilustrasi perut kembung

Perut kembung disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah terlalu banyaknya gas dalam lambung, atau karena pergerakan saluran pencernaan yang tidak baik sehingga memperlambat proses pencernaan makanan.

Berikut ini ada beberapa penyebab lain yang bisa menyebabkan perut terasa kembung, bagaimana pencegahannya?

Makanan bisa jadi salah satu penyebab perut Anda kembung, bahan dasar makanan ini banyak mengadung gas yang jika dikonsumsi secara berlebihan akan menumpukan gas pada lambung Anda. Misalnya kubis, pisang, bawang merah, brokoli, lobak merah, makanan pedas, minuman beralkohol, es krim dan juga susu soda.

Untuk mencegah perut kembung, sebaiknya kurangi asupan diatas. Namun jika kembung sudah melanda, Anda bisa mensiasati dengan cara berikut :

  • Perut kembung juga bisa disebabkan karena hormon. Pada wanita, mendekati masa haid atau saat memasuki masa menopause (berhenti haid) dapat menyebabkan pergerakan saluran cerna menjadi kurang lancar. Akibatnya, perut mudah kembung. Untuk pencegahannya, ada baiknya kurangi konsumsi garam, cokelat, makanan manis dan makanan berlemak saat menjelang haid. Usahakan untuk lebih rileks, tenang dan atasi ketegangan untuk mengurangi rasa kembung akibat ketidakseimbangan hormon.
  • Makanan berlemak dan goreng-gorengan bisa jadi pemicu perut kembung. Sering kali keluhan perut kembung dirasakan mereka yang kerap mengkonsumsi makanan berlemak. Lemak menghambat pengosongan perut dan meningkatkan rasa kenyang. Cobalah mengkonsumsi produk susu rendah kandungan laktosa, seperti yogurt. Bisa juga makan dalam porsi kecil namun sering, dengan makan pelan-pelan, kunyah secara baik baru ditelan dapat mengurangi gas dalam lambung.
  • Terlalu sering mengkonsumsi obat maag juga tidak baik. Memang obat maag mampu mengatasi sakit maag dan gangguan pencernaan lainnya, seperti masalah asam lambung, nyeri lambung dan lain-lain. Tetapi konsumsi obat-obatan ini bisa berdampak pada perubahan fungsi normal jantung dan jumlah bakteri baik didalamnya, sehingga perut akan mudah kembung.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?58337

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________________

Supported by :

Asuransi Kesehatan