Bencana banjir bandang yang melanda Masamba Luwu Utara, Sulawesi Selatan menelan puluhan korban jiwa. Bencana Alam yang terjadi pada Senin, 13 Juli 2020 merusak rumah warga hingga infrastruktur umum.

Banyak pihak yang turut prihatin dan peduli atas bencana banjir bandang tersebut.

Termasuk organ SIMA bersama PT Mardohar Catur Tunggal Gaya dan PT Petra Energy International Sorowako melakukan kepeduliannya dengan memberi sumbangan berupa masker, handsanitizer, obat-obatan seperti minyak kayu putih, dan juga popok, pakain hingga aneka alat memasak.

Syarief Sahama selaku perwakilan dari PT Petra Energy International Sorowako memaparkan kepeduliannya terhadap bencana banjir bandang yang melanda di Masamba.

“Sumbangan kemanusiaan ini hanya bentuk lain dari budaya dan sifat, karakter asli kita bangsa Indonesia, kita punya budaya yang namanya gotong royong,” ungkap Syarief.

Lebih lanjut ia menambahkan, “Membantu saudara-saudara yang kena musibah adalah hal yang yang harus dilakukan, gotong royongnya saya mengajak teman-teman di Mardohar dan beberapa teman di Jakarta untuk sama-sama membantu, ” imbuhnya.

“Walaupun musibahnya di Masamba kita semua punya semangat gotong royong yang sama untuk membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang kena musibah, kita bangsa Indonesia yang peduli, ” kata Syarief.

Ia juga berharap,”Kedepannya mudah-mudahan kepedulian dan perhatian seperti ini jangan hanya saat musibah, tapi setiap saat, kita membantu dan peduli dengan saudara-saudara kita yang lainnya,” ucap Syarief

Hal senada juga disampaikan Veronica Rintar perwakilan dari PT. Mardohar Catur Tunggal Gaya mengenai gotong royong yang merupakan sikap bekerjasama, bahu-membahu menyelesaikan pekerjaan atau masalah yang muncul di dalam kelompok dan lingkungan sekitar.

“Sehingga sudah selayaknya kita sebagai sesama rakyat Indonesia membantu dan memberi dukungan untuk kehidupan sehari-hari bagi saudara – saudari kita di Masamba, kiranya sikap kami bermanfaat bagi mereka, ” terang Veronica.

SIMA (Sahabat Indonesia Maju) sebagai organ masyarakat yang bergerak dibidang sosial politik yang kerap melakukan kegiatan kemanusiaan menunjukkan bentuk kepeduliannya.

Bersama Kris Tjantra selaku Ketua Umum SIMA menyampaikan bahwa gotong royong merupakan identitas negara yang patut di junjung tinggi serta dijalankan demi kemajuan Indonesia yang dinilai luar sebagai bangsa yang cinta damai, berbudi pekerti serta gotong royongnya.

“SIMA peduli bencana banjr di Masamba merupakan bentuk semangat anak bangsa yang peduli dengan sesamanya, dengan semangat gotong royong, kebersamaan, solidaritas, bersama-sama kita peka terhadap sesama kita yang mengalami musibah harus kita bangun terus semangat-semangat ini, harus terus dijalin rasa persatuan bangsa ini, ” terang Kris semangat.

“Jika kita maju sebagai bangsa yang besar maka setiap masalah bangsa ini dapat kita selesaikan dengan baik, ” pungkasnya.

Pandemi ini masih menjadi Common Enemy di tanah air, dalam proses menyalurkan bantuan, SIMA tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku dan beradaptasi dengan kebiasaan baru.