KabariNews – Persatuan Sahabat Indonesia (PSI) adalah komunitas persahabatan masyarakat Indonesia di San Francisco, Amerika Serikat.

PSI merupakan Pertemuan rutin bulanan dengan berbagai macam kegiatan, misalnya keliling wisata di kawasan Amerika, mengadakan kuliner dengan menjajakan makanan khas nusantara bahkan menari bersama ala tari poco-poco khas Manado serta senam kesehatan seperti Tai Chi.

Kali ini, PSI berkumpul bersama-sama melakukan gerakan Tai Chi, seni  beladiri internal asal China ini dipraktekkan untuk pelatihan pertahanan dan manfaat kesehatannya.

Bentuk beladiri ini dianggap sebagi bentuk gerakan meditasi. Aliran beladiri yang berasal dari Tiongkok pertama kali dikenalkan oleh biksu aliran Tao bernama Zang Sanfeng ini dianggap sangat baik bagi siapa saja yang hendak meraih ketenangan dan kedamaian batin.

Selain terkenal dengan teknik pertahanan yang dimilikinya, seni bela diri  Tai Chi juga dipercaya menyimpan khasiat pemeliharaan kesehatan bagi saiapa pun dan berapapun usia pelakunya.

Pun demikian, sebagai kegiatan di PSI ini,  Tai Chi dijadikan sarana yang efektif untuk mempromosikan kesehatan para pegiatnya untuk meringankan stress dan cemas.

Bagi Renata, anggota PSI memaparkan, Tai Chi yang diajarkan kepada para anggota PSI  adalah gerakan Pernapasan.

“Tai Chi yang saya pelajari, gerakannya pelan-pelan, bernafasnya melalui hidung, tidak melalui mulut, jadi pernafasannya harus panjang, pelan-pelan, berdiri, kaki tidak harus rapat sekali tapi agak rapat, dan rentangkan kedua tangan, “ ujar Renata sebagai instruktur senam Tai Chi untuk PSI di San Francisco.