Buku gastronomi Indonesia berjudul “The Heart of the Spice Forest” karya Kris Syamsudin dan Michelle Prasad dan “Jamu Lifestyle: Indonesian Herbal Wellness Tradition” karya Metta Murdaya dan Lans Brahmantyo pada Jumat dan Sabtu, 26-27 Mei 2023 menjadi pemenang Gourmand World Cookbook Awards 2023.

“The Heart of the Spice Forest” menjuarai dalam dua kategori Best in the World Fund Raising dari Benua Asia serta Best Bilingual Book, sementara “Jamu Lifestyle: Indonesian Herbal Wellness Tradition” menjuarai kategori Best in the World – Non-alcoholic books.

Acara tahunan yang diselenggarakan oleh Gourmand International berlangsung pada tanggal 25-28 Mei 2023 bertempat di kota Umeå, Swedia.

Duta Besar RI untuk Kerajaan Swedia, Kamapradipta Isnomo, menerima penghargaan Gourmand World Cookbook Awards 2023 tersebut atas nama para penulis dan penerbit yang berhalangan hadir.

Buku “The Heart of the Spice Forest” menceritakan tentang interaksi dengan komunitas di Maluku Utara, khususnya terkait sejarah rempah serta upaya untuk senantiasa menghidupkan tradisi yang telah berlangsung lebih dari satu abad.

Buku “Jamu Lifestyle: Indonesian Herbal Wellness Tradition” membawa kisah sejarah jamu dan berbagai khasiatnya kepada dunia luas.

Dalam acara yang sama, Duta Besar Kamapradipta Isnomo juga telah diminta untuk memaparkan kekayaan kuliner Nusantara dengan judul “Indonesia: Spice up the World”. Paparan ini mengedepankan diversitas kuliner Nusantara mulai dari hidangan Minangkabau, Surakarta & Yogyakarta, Bali serta Sulawesi dan Maluku.

“Suatu kehormatan bagi Indonesia untuk diundang dalam acara Umeå Food Symposium 2023 dan Gourmand Awards, terutama kesempatan untuk menyampaikan paparan Indonesia Spice up the World. Selain promosi kekayaan kuliner Nusantara kepada publik Swedia, juga kepada para pelaku dan dunia usaha kuliner internasional dari 71 negara yang hadir”.

Edouard Cointreau, Presiden dari Gourmand International sekaligus Chairman of the Awards Committee tekankan bahwa budaya kuliner Indonesia sudah mendunia dan harus senantiasa dipromosikan baik melalui restauran maupun publikasi buku ke seluruh dunia. “Kuliner Indonesia bukanlah hal yang asing karena sudah banyak dikenal. Namun masih banyak kuliner Nusantara lainnya yang belum dikenal oleh dunia gastronomi.” Demikian diutarakan oleh Edouard Cointreau.

Acara Gourmand Awards adalah event tahunan dunia satu-satunya dalam bidang buku masak yang telah berlangsung sejak tahun 1995 yang digagas oleh Edouard Cointreau dari Prancis.

Sumber Foto: Istimewa

Baca Juga: